Sukses

Lifestyle

Tambahkan Bahan Ini pada Air Minum untuk Bantu Lancarkan Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting bagi kesehatan pencernaan kita. Kenapa? Karena kalau tubuh kekurangan cairan, usus kita akan bergerak lambat dan kotoran akan mengeras dan sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan konstipasi. Air putih sangatlah penting untuk diminum setiap hari sesuai kebutuhan demi kesehatan pencernaan.

Bila ingin memaksimalkan manfaat minum air putih untuk melancarkan pencernaan, ada bahan yang bisa kita tambahkan. Melansir lifehack.org, bahan-bahan yang bisa tambahkan pada air putih yang kita minum untuk melancarkan pencernaan kita sebaiknya yang kandungan gulanya rendah. Seperti bahan-bahan berikut ini.

1. Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk lemon atau jeruk nipis dapat bantu memproduksi enzim-enzim pencernaan. Kita bisa menambahkan irisan buah jeruk lemon atau jeruk nipis. Bisa juga menambahkan air perasannya.

2. Daun Mint Segar

Daun mint segar dapat bantu melancarkan aliran empedu dan fungsi kelenjar saliva. Selain itu, daun mint juga dapat bantu memproduksi enzim-enzim pencernaan yang dapat menyerap vitamin dan nutrisi pada makanan. Bagi yang mengalami perut mual, minum segelas air putih dengan daun mint segar bisa bantu redakan mualnya.

3. Mentimun

Buah mentimun kaya serat dan air. Buah ini bisa bantu melancarkan pencernaan dan buang air besar secara rutin. Tambahkan irisan buah mentimun pada air putih yang diminum untuk bantu melancarkan pencernaanmu.

4. Kayu Manis

Tambahkan satu batang kayu manis pada air putih yang kita minum. Selain dapat melancarkan pencernaan, kayu manis ini dapat mengatasi irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang umum terjadi dan menyembuhkan infeksi di saluran usus.

5. Jahe

Tambahkan irisan jahe segar pada air putih dan diamkan selama semalaman untuk diminum keesokan harinya. Dengan cara ini, air akan menyerap nutrisi yang terkandung pada jahe. Jahe diyakini memiliki fungsi untuk bantu redakan kram, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Kita bisa menambahkan salah satu bahan di atas pada air putih yang kita minum. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading