Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ayam Woku yang Tidak Amis dalam 3 Langkah

Fimela.com, Jakarta Ayam woku adalah olahan ayam yang dimasak dengan bumbu woku. Melansir Wikipedia, Woku adalah bumbu makanan ala Manadoyang terbuat dari berbagai macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging. Di Minahasa, Sulawesi Utara, terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (dimasak dengan belangga), dan woku daun (dimasak dalam daun).

Bumbu woku sendiri memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya memiliki cita rasa pedas yang cukup kuat. Ayam woku merupakan salah satu olahan yang paling populer yang menggunakan bumbu woku. Untuk membuat ayam woku yang sedap dan tidak amis, berikut langkah-langkah yang perlu diikut.

Daging Ayam Direndam Cuka atau Air Jeruk Nipis

Sebelum diolah atau dibumbui, daging ayam perlu direndam dengan cuka makan atau air perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Rendam selama beberapa saat, lalu bilas dengan air mengalir.

Untuk membuat olahan ayam woku dengan 500 gram daging ayam, siapkan daun salam, lengkuas, dan 3 ikat daun kemangi. Sementar itu, untuk bumbu halusnya bisa siapkan:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai merah besar
  • 7 buah cabai rawit
  • 1 ruas kunyit

Bumbu Ditumis Sampai Harum dan Matang

Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Lalu, masukkan daun salam dan lengkuas. Masukkan daging ayam yang sudah dibersihkan. Tambahkan air kurang lebih 200 ml. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap.

Tambahkan Daun Kemangi

Daun kemangi akan membuat aroma ayam woku jadi lebih menggugah selera dan tidak amis. Masukkan daun kemangi sebagai langkah terakhir memasak. Aduk-aduk sebentar. Angkat dan sajikan.

Membuat ayam woku yang sedap dan tidak amis ternyata tidak terlalu sulit, kan? Semoga infonya bermanfaat dan membuatmu makin semangat memasaknya, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading