Beberapa Alasan Mengapa Temanmu Mengabaikan Dirimu

Gayuh Tri Pinjungwati13 Mar 2020, 18:15 WIB
egois

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa hal dalam hidup yang lebih buruk daripada perasaan dilupakan dan ditinggalkan. Sakit diabaikan oleh orang-orang yang disayangi terlebih jika dirimu tidak mengerti apa penyebabnya. Mungkin karena mereka sedang melalui masa sulit sekarang dan membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri untuk mencari tahu ataukah dirimu terlalu banyak menyimpulkan banyak hal apa yang mereka lakukan dan mengatakan bahwa dirimu mulai melihat buruk di mana tidak ada sebenarnya ada. Bagaimana pun, dirimu terlalu khawatir, ini mungkin hanya sementara dan semua akan kembali dari waktu ke waktu.

Namun, ketika itu bukan hanya satu atau dua orang selama beberapa hari, tetapi hampir semua orang dalam hidup yang tampaknya menghindari dan menjaga jarak denganmu, maka itu alasan yang pasti untuk dikhawatirkan. Mungkin sudah waktunya bagimu merenungkan apa yang mungkin dirimu lakukan yang membuat orang menjauhimu. Terkadang kita mendorong orang menjauhi tanpa maksud. Kita tidak memerhatikan ketika kita membuat mereka tidak nyaman atau melukai perasaan mereka, sampai kita menemukan diri kita sendirian. Berikut ini beberapa alasan mengapa orang mungkin mengabaikanmu.

Kamu Terlalu Negatif

Dirimu terus-menerus mengeluh kepada teman-teman tentang semua hal yang salah dalam hidupmu atau mungkin dirimu telah membongkar rahasia dari teman-temanmu. Bila hal ini terjadi, dirimu bisa mendorong semua orang berpikir bahwa dirimu memiliki kepribadian yang negatif. Tidak ada yang berpendapat bahwa penyakit mental tertentu bukan masalah tawa dan jika dirimu berjuang dengan kecemasan atau depresi, dirimu akan mengetahui bahwa itu adalah hal yang sangat serius yang harus dilalui. Namu, orang lain mungkin mengalami kesulitan berhubungan denganmu dan membuat hubungan emosional denganmu ketika dirimu begitu negatif sepanjang waktu. Yang terbaik adalah mencari bantuan profesional dan mencoba untuk menjadi lebih baik terlebih dahulu, sebelum mengejar segala jenis hubungan dengan serius.

Bukan Pendengar yang Baik

Penting untuk memberikan waktu kepada otang lain untuk berbicara. Jika tidak mendengar apa yang dikatakan orang lain dan meneruskan pembicaraan setiap orang, dirimu akan membuat banyak orang gelisah dan berbalik melawanmu. Mereka akan berpikir bahwa dirimu keras kepala dan mungkin mereka akan mengabaikan dirimu.

Terlalu Egois

egois
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Luis Molinero

Alasan lain mengapa orang mungkin menjauh darimu adalah karena dirimu terlalu egois. Lagi pula, siapa yang ingin bercakap-cakap dengan seseorang yang hanya ingin membicarakan tentang diri sendiri. Ketika dirimu terperangkap dalam pikiran, perasaan, ide-idemu sendiri sehingga dirimu gagal menunjukkan minat pada apa yang orang lain katakan, maka tidak seorang pun akan pernah ingin bersamamu.

Menyepelekan Sesuatu

Ketika seorang temanmu mungkin merasa gelisah tentang suatu hal, dan mengahmpirimu berharap mendapatkan dukungan darimu, namun dirimu hanya menanggapi dengan sepele. Mungkin hal ini dapat membuat mereka menjauhimu, mereka tidak akan peduli lagi dengan apa yang dirimu lakukan dan katakan. Bahkan ketika dirimu bercerita tentang masalahmu, mereka juga akan bersikap menyepelekanmu. Olehkarenanya hargai suatu hal dan jangan menyepelekan orang lain.

Terlalu Menjaga Jarak

Salah satu alasan mengapa orang mungkin menjaga jarak darimu adalah dirimu bertindak jauh. Dirimu mungkin terlalu dijaga dan dilindungi ketika berinteraksi dengan orang lain yang mungkin dapat disalah artikan sebagai sikap acuh tak acuh dan tidak terkait. Orang mungkin berasumsi bahwa dirimu lebih suka menyendiri dan tidak ingin di dekat siapa pun, sehingga mereka memberimu banyak ruang untuk sendiri.

Sementara beberapa orang dengan mudah menawan dan disukai, ada juga orang yang secara sosial canggung dan berjuang untuk berteman. Jika dirimu memiliki salah satu sifat diatas, sebaiknya perbaikilah. Buatlah beberapa perubahan positif dalam dirimu dan berusaha menjadi lebih perhatian, ramah, dan menyenangkan

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 2