Untuk Perempuan yang Ikhlas dalam Segala Keterbatasan, Kalian Sungguh Indah

Endah Wijayanti14 Mar 2020, 10:16 WIB
perempuan berjuang dalam keterbatasan

Fimela.com, Jakarta "Aku kadang iri dengan orang yang bisa mendapatkan segalanya dengan mudah," begitu tulis seorang sahabat dalam sebuah pesannya beberapa waktu lalu. Saat itu kami sedang saling bertukar cerita dan mencurahkan perasaan atas masalah yang sedang dihadapi. Lalu, dia melontarkan kalimat tersebut. Benar juga, kadang kita memang iri dengan kehidupan orang lain yang tampak mulus seakan tak ada halangan atau keterbatasan.

Andai bisa memilih, mungkin kita akan memilih untuk tidak pernah dilahirkan. Dilahirkan dan menjalani kehidupan ini rasanya melelahkan. Masalah datang silih berganti. Ketika baru saja terjatuh dan bangkit, kita dihantam kenyataan baru yang membuat kita terjatuh makin dalam. Berbagai macam keterbatasan membuat hidup terasa serba sulit dan selalu rumit.

Ada Takdir yang Tak Bisa Kita Tolak

Ya, tentu saja kita merasa iri melihat hidup orang lain yang tampaknya selalu baik-baik saja. Kita iri melihat seseorang bisa hidup nyaman sejak kecil karena terlahir dari orangtua kaya, misalnya. Kita iri dengan kehidupan seseorang yang memiliki takdir yang lebih baik dari kita. Sedangkan kita di sini harus memulai sesuatu dari nol. Memperjuangkan sesuatu yang bisa didapat dengan mudah oleh orang lain, tapi kita harus berjuang menghadapi berbagai keterbatasan untuk memperjuangkannya. Ada takdir pada kehidupan setiap orang yang tak bisa kita tolak. Itu kenyataannya dan kita perlu menerimanya.

Keterbatasan Membentuk Kita sebagai Pejuang

perempuan sulung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/atiger

Baiklah kita terima saja kenyataan ada perempuan-perempuan lain yang hidupnya tampak lebih mudah. Mari kini kita fokus pada diri kita sendiri. Kita hadapi dan atasi keterbatasan yang kita miliki. Dengan semua rintangan dan keterbatasan yang ada, kita akan memiliki mental sebagai seorang pejuang. Kita bukan perempuan biasa. Kita adalah seorang perempuan istimewa dan luar biasa sebab sanggup menaklukkan setiap rintangan yang ada. Walau harus susah payah atau hingga "berdarah-darah", tapi kita selalu bisa bangkit dari setiap keterpurukan. Hidup kita jadi terasa lebih berharga dengan setiap tetesan keringat dan air mata yang ada.

Ada Keindahan di Setiap Perjuangan yang Kita Upayakan

Anggap saja saat ini kita sedang bersusah payah menaklukkan jalan berliku dan mendaki demi bisa mendapatkan pemandangan indah di puncak sana. Sesuatu yang kita perjuangkan akan memberi hasil yang tak akan pernah terlupakan. Setiap kegagalan dan keterpurukan pun akan menjadi tameng baru kita menghadapi situasi yang lebih sulit ke depannya. Sebagai perempuan, kita terlahir istimewa dengan semua keunikan yang kita miliki. Keterbatasan yang ada saat ini bukanlah tembok penghalang, melainkan pintu yang perlu kita buka dengan kunci yang tepat.

Untuk setiap perempuan yang ikhlas dalam setiap keterbatasan dan memperjuangkan keadaan yang lebih baik meski harus dari nol, kalian semua luar biasa. Kalian punya ketegaran hati yang istimewa. Semoga dari setiap kesulitan yang dihadapi membuat hidup jadi terasa lebih berarti.

Simak Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓