3 Cara Menghentikan Kebiasaan Konsumsi Makanan Manis

Karla Farhana29 Mar 2020, 08:00 WIB
[Fimela] makanan manis

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi makanan manis merupakan kebiasaan buruk. Selain bisa meningkatkan berat badan dengan cepat, makanan manis juga tidak sehat untuk organ-organ vital seperti pankreas. Michele Promaulayko, penulis terkenal dari buku Sugar 3: the Simple 21-Day Plan for Clear Skin, More Energy, and Healthy Weight Loss menceritakan mengenai efek buruk yang terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis. 

Menurutnya, gula tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, selain kalori yang bisa menambah energi. Namun, kebanyakan orang menyukainya karena rasanya yang enak. Sebenarnya, mengonsumsi sedikit gula tidak akan menimbulkan efek buruk. 

Namun, ketika dopamin dikeluarkan otak ketika kamu makan makanan manis seperti cokelat, hal ini justru akan mengarahkan tubuhmu untuk menginginkan lebih banyak makanan manis. Tidak heran kalau banyak orang yang justru ketagihan mengonsumsi makanan manis, meski mereka tahu efek buruk yang akan terjadi. 

Meski sulit, menurut Michele, kebiasaan ngemil makanan dan minuman manis sebenarnya bisa kamu hentikan. Berikut 3 cara mudah untuk mengurangi konsumsi gula berlebih. 

Minum minuman yang lebih sehat yang memiliki rasa

[Fimela] makanan manis
makanan manis | unsplash.com/@brookelark

Ketika kamu menginginkan minuman atau makanan yang manis, cobalah untuk mengonsumsi minuman yang memiliki rasa. Bukan mengandung perasa buatan dan penuh dengan gula, tetapi minuman sehat alami selain air putih. 

Misalnya, infused water. Atau, kamu juga bisa membuat jus buah dan sayuran tanpa gula yang penuh nutrisi dan vitamin. Hal ini akan mengurangi keinginanmu untuk mengonsumsi sesuatu yang manis. 

Teh Herbal

[Fimela] teh herbal
ilustrasi teh herbal | unsplash.com/@foodbymars

Selain jus dan infused water, kamu juga bisa memilih teh herbal panas ketika kamu craving makanan dan minuman manis. Tentu saja, kamu tidak boleh menambahkan pemanis pada tehmu, ya! Selain bisa mengurangi hasratmu untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis, teh herbal juga baik untuk kesehatanmu. 

Olahraga 20 menit

Sebagian orang merasa sulit sekali untuk mengurangi keinginan akan gula. Salah satu alasannya, karena mereka merasa lemas kekurangan energi. Untuk menambah energi, cobalah untuk berolahraga 20 menit per hari. Selain bisa mengurangi kalori, olahraga juga bisa membuatmu merasa lebih segar dan berenergi. 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓