Sukses

Lifestyle

Instagram Berikan Label Khusus pada Informasi Salah tentang Epidemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Begitu banyak informasi yang bisa Sahabat Fimela akses di berbagai media sosial, termasuk Instagram. Salah satu topik yang kini sedng banyak dicari masyarakat global adalah epidemi COVID-19. 

Namun, media sosial bukan portal berita yang memiliki garda utama untuk menyaring informasi-informasi keliru mengenai virus Corona ini. Karena itu, literasi media sangat diperlukan bagi pengguna media sosial.

Untuk membantu masyarakat global terhindari dari misinformasi tentang virus Corona, Instagram melakukan beberapa langkah: 

  • Instagram menghapus berbagai misinformasi terkait COVID-19.
  • Ketika pengguna mengetuk tagar terkait COVID-19, Instagram akan mengarahkan pengguna untuk mencari informasi terkait COVID-19 di sumber-sumber terpercaya seperti @WHO, @CDC, dan otoritas kesehatan setempat.
  • Instagram bekerja sama dengan mitra pengecek fakta pihak ketiga untuk melakukan pengecekan informasi yang salah dan menandai informasi yang salah tersebut dengan label misinformasi.
  • Memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan misinformasi terkait COVID-19.
  • Memblokir berbagai iklan yang mencoba memanfaatkan situasi.
  • Saat pengguna mencari informasi terkait COVID-19, Instagram akan menunjukkan akun organisasi kesehatan terpercaya di bagian atas pencarian tersebut untuk menghubungkan pengguna dengan sumber-sumber yang terpercaya.

Secara bertahap di beberapa negara, Instagram juga sudah mulai menampilkan informasi terkini terkait COVID-19 yang berasal dari WHO dan Kementerian Kesehatan setempat di bagian atas Feed. Hal ini akan memudahkanmu mendapatkan informasi akurat secara cepat.

Sticker Baru untuk Mengapresiasi Tim Medis dan Kesehatan

Selain menjalani langkah-langkah untuk memerangi misinformasi mengenai virus Corona, Instagram juga akan meluncurkan sticker baru untuk mengapresiasi para pekerja medis dan kesehatan yang selama ini telah berjuang mengobati, merawat, serta membantu masyarakat agar terhindari dari infeksi virus Corona. Stiker ini akan segera tersedia di galeri stiker Instagram.

Sebagai informasi tambahan, Instagram juga menghilangkan efek AR terkait COVID-19, kecuali efek AR tersebut diciptakan melalui kemitraan dengan organisasi kesehatan terpercaya. Ini juga merupakan bagian dari upaya Instagram menghubungkanmu dengan informasi kesehatan terkait COVID-19 yang terpercaya. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading