Ini Gejala Covid-19 dan Berapa Lama Gejala Berlangsung

Febi Anindya Kirana14 Mar 2020, 15:45 WIB
perempuan sakit

Fimela.com, Jakarta Banyaknya pemberitaan tentang virus corona memang membuat khawatir banyak orang, apalagi orang yang terkontaminasi di Indonesia dilaporkan semakin banyak.

Untuk mengingatkan sekali lagi, virus corona atau disebut secara resmi oleh World Health Organization (WHO) sebagai COVID-19 sekilas memiliki gejala umum seperti flu.

Dijelaskan dalam Harvard Health Publishing bahwa beberapa orang yang terinfeksi virus ini tidak menunjukkan adanya gejala. Kalau ada, gejala Covid-19 yang bisa dirasakan seperti demam ringan, badan terasa sakit atau nyeri, batuk-batuk, hidung tersumbat, hidung berair dan pilek, serta sakit tenggorokan.

Masa Inkubasi Virus Corona

perempuan sakit
ilustrasi perempuan sakit memakai masker/copyright by leungchopan Shutterstock

Meski demikian, dalam beberapa kasus gejala Covid-19 juga bisa lebih parah seperti misalnya demam tinggi dan tak kunjung sembuh, batuk keras, sesak napas atau napas pendek-pendek, bahkan bisa berkembang menjadi pneumonia.

Umumnya waktu yang dibutuhkan mulai dari terinfeksi virus hingga munculnya gejala (masa inkubasi) untuk kebanyakan orang belum bisa ditentukan, namun berdasarkan informasi hingga saat ini, gejala dapat muncul segera setelah tiga hari terpapar atau terkontaminasi virus hinga 13 hari kemudian.

Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan menyebutkan bahwa rata-rata, masa inkubasi adalah sekitar lima hari.

Jadi, sebisa mungkin kita lebih waspada dengan gejala kecil ketika tidak enak badan. Jangan sampai mengabaikan gejala ringan dan tetap menjaga kesehatan setiap hari.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓