Ini Lamanya Virus Corona Bertahan di dalam Tubuh Setelah Terinfeksi

Febi Anindya Kirana14 Mar 2020, 17:08 WIB
perempuan sakit

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin penasaran seberapa berbahaya virus corona dan berapa lama COVID-19 ini mampu bertahan hidup di dalam tubuh pasien yang terinfeksi.

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat di dalam jurnal medis The Lancet menemukan bahwa virus corona mampu bertahan di dalam sistem pernapasan pasien yang terinfeksi selama 37 hari dan mereka mampu menularkan virus selama berminggu-minggu tersebut.

Virus Corona Bertahan di Tubuh selama 5 Minggu

perempuan memakai masker
ilustrasi sakit memakai masker/copyright by Tom Wang (Shutterstock)

Dituliskan dalam artikel yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet, dokter Fei Zhou dan timnya dari Chinese Academy of Medical Sciences di Cina mendeteksi RNA virus dalam sampel cairan pernapasan dari orang yang pulih selama rata-rata 20 hari setelah mereka terinfeksi.

Penemuan ini sangat membantu menentukan berapa lama masa isolasi dan perawatan yang bisa diberikan kepada pasien virus corona sehingga bisa lebih maksimal dalam menyembuhkan mereka. Hingga saat ini umumnya masa isolasi pasien virus corona adalah 14 hari untuk mencegah penyebaran virus.

Tetap berhati-hati dan menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga ya Sahabat Fimela. Segera berobat jika merasa tak enak badan.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓