Seberapa Berbahaya Virus Corona atau COVID-19 pada Tubuh?

Febi Anindya Kirana14 Mar 2020, 18:32 WIB
perempuan sakit pusing

Fimela.com, Jakarta Banyaknya kasus virus corona yang semakin menyebar dan membuat khawatir, tentunya banyak orang ingin tahu seberapa besar COVID-19 ini membahayakan tubuh. Karena kita tidak bisa menutup mata bahwa banyak pasien yang meninggal karena virus ini.

Seberapa bahaya COVID-19? Jawabannya tergantung pada seberapa parah penyakit yang sebanding dengan ini, yaitu virus influenza. Jumlah total kematian influenza sejauh ini lebih banyak dibandingkan virus corona, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia.

Bahaya Virus Corona

perempuan sakit
ilustrasi perempuan sakit memakai masker/copyright by leungchopan Shutterstock

Hingga saat ini, tingkat kematian atau risiko kematian dengan infeksi virus corona diperkirakan 3-4%, lebih kecil dibandingkan SARS dengan persentase sekitar 11%, dan MERS sekitar 35%, seperti dijelaskan dalam Harvard Medical School.

Bagaimana pun, jumlah pastinya masih belum bisa didapatkan karena virus corona masih terus berkembang dan semakin banyaknya orang yang melakukan tes dan pengobatan. Selama ini banyak beredar kabar virus corona sangat mematikan, nyatanya beberapa perkiraan baru-baru ini menempatkan tingkat kematian virus corona baru mendekati 1%.

Jadi seberapa fatal tingkat kematian yang bisa disebabkan virus corona, hingga saat ini masih bisa terkendali dan selama mendapatkan penanganan yang tepat, pasien akan cepat pulih dan sembuh dari infeksi virus corona.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓