Sukses

Lifestyle

Hidup Memang Melelahkan, tapi Tetaplah Penting Menghargai Diri Setiap Saat

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Di antara kita ada yang harus melewati banyak hal berat dalam hidup sampai rasanya sudah tak punya harapan apa-apa lagi. Namun, dengan kembali mencintai diri sendiri dan membenahi diri, cahaya baru dalam hidup akan kembali bersinar. Melalui salah satu tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba My Self-Love Story: Caramu untuk Mencintai Diri ini kita akan memetik sebuah inspirasi baru yang dapat mencerahkan kembali hidup kita.

***

Oleh: VN7

Pada awalnya aku pun setuju dengan banyak orang yang beranggapan bahwa self love adalah sikap yang egois. Akan tetapi anggapan itu salah. Kesimpulan yang aku dapatkan setelah membaca banyak hal tentang self love adalah suatu sikap yang ditujukan untuk lebih menghargai diri sendiri atas apa yang telah dilakukan.

Sejak kecil aku selalu dituntut untuk menjadi yang terbaik tanpa ada banyak hal yang dicontohkan, dan itu membuatku menjadi lebih mandiri. Selalu dibanding-bandingkan dalam segala hal, yang membuatku belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Dimanfaatkan karena tidak bisa menolak permintaan orang lain, karena aku pernah berada pada situasi di mana tidak ada orang yang membantu ketika aku memerlukan bantuan.

Diremehkan karena aku yang pendiam dan pemalu. Padahal aku diam karena aku mempelajari lingkungan dan orang-orang sekitarku yang nantinya akan aku jadikan patokan untuk bersikap. Aku lebih senang melakukan segala hal dalam diam karena aku tidak suka menjadi pusat perhatian dan aku pikir orang-orang bisa memahaminya, tapi ternyata aku salah, tidak semua orang berpikiran sama denganku. Dan itu membuatku kadang putus asa.

Meskipun ada hal positif di balik hal negatif, tapi aku tetaplah manusia biasa yang kadang tidak dapat menerima semua hal negatif yang ditujukan kepadaku. Apalagi di saat aku benar-benar lelah, aku seakan lupa akan semua usaha yang telah aku lakukan untuk menjadi lebih baik dan berakhir dengan tidak menghargai diriku sendiri.

Memperbaiki Kekurangan Diri

Semua hal yang terjadi padaku selalu aku ceritakan pada adik-adikku. Terkadang mereka juga memarahiku karena terlalu memikirkan apa yang dikatakan oleh orang lain. Sedangkan orang-orang tersebut tidak mengenalku dengan baik. Adik-adikku mengatakan, "Jangan dengarkan apa yang orang lain katakan, yang mengerti kamu adalah dirimu sendiri. Pikirkan hal-hal baik yang telah kamu lakukan selama ini, lakukan apa pun yang membuat kamu bahagia, kami akan selalu ada dan mendukungmu."

Kata-kata itu membuat aku sadar dan merenungkan kembali apa yang telah aku lakukan untuk sampai ke saat ini. Aku berusaha menerima kekuranganku dan memperbaikinya, aku terus menggali apa yang menjadi kelebihanku serta tetap melakukan yang terbaik dalam segala hal. Dan manfaat yang aku rasakan sangatlah besar. Aku lebih banyak bersyukur dan menghargai apa yang telah aku lakukan dan hidup yang aku jalani. Aku juga melakukan apa pun yang aku sukai yang akan memberikan kebahagiaan untuk diriku sendiri.

Self love membantuku mengenal dan memahami siapa diriku, kelebihan apa yang aku miliki, hal-hal apa yang membuatku bahagia serta mensyukuri dan menghargai apa yang terjadi dan telah aku lakukan. Seperti quote dari Na Hye Sung dalam K-Drama My ID Gangnam Beauty, "Tidak peduli apa yang orang katakan, kau adalah orang yang paling berharga bagi dirimu sendiri," dan aku rasa itu benar.

Simak Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading