Hadapi Virus Corona, Ini Arti Lockdown agar Tidak Terinfeksi

Febi Anindya Kirana16 Mar 2020, 13:05 WIB
lockdown

Fimela.com, Jakarta Banyaknya kasus infeksi virus corona atau COVID-19 tentu membuat banyak orang harus lebih waspada dengan kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan agar tidak perlu terinfeksi virus ini. Banyak negara dan daerah tertentu membuat keputusan melakukan lockdown sebagai tindakan pencegahan virus corona.

Tapi apa sebenarnya arti lockdown? Menurut Wikipedia, lockdown adalah protokol darurat yang umumnya digunakan untuk mencegah orang-orang meninggalkan area tertentu. Protokol keselamatan ini biasanya digagas oleh seseorang yang memiliki kekuasaan untuk melakukannya seperti pejaba daerah atau presiden.

Arti Lockdown selama virus corona

perempuan sakit
ilustrasi perempuan sakit/copyright by PR Image Factory (Shutterstock)

Full lockdown bisa diartikan orang-orang harus tinggal di rumah atau di tempat mereka berada saat ini, untuk sementara menghindari pergi ke banyak tempat atau tempat lain yang dikhawatirkan akan membahayakan.

Dalam Marriam-Webster, lockdown dapat diartikan sebagai kondisi darurat di mana orang tidak boleh masuk atau keluar dari area tertentu yang dilarang atau dari suatu bangunan selama situasi yang mengancam atau berbahaya.

Dengan kata lain, ketika seseorang yang memiliki wewenang menurunkan kebijakan melakukan lockdown selama virus corona, orang-orang diminta untuk tidak pergi ke banyak tempat atau tinggal di rumah saja untuk mencegah bahaya terserang virus.

Nah, sekarang sudah paham arti lockdown selama virus corona kan Sahabat Fimela?

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓