Sukses

Lifestyle

Klorokuin Dapat Sembuhkan Corona, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Sejak awal tahun 2020, Virus Corona memang meresahkan. Sejak dinyatakan pandemi oleh WHO, beberapa negara memberlakukan lock down untuk wilayahnya. Di Indonesia pun, saat berita ini diturunkan sudah terdapat 100 lebih pasien positif virus corona. Beberapa langkah pemerintah untuk melawan laju penyebaran virus corona ini.

Selain menyiapkan 100 Rumah Sakit rujukan untuk mengatasi Virus Corona, pemerintah juga menggalakkan social distancing. Seluruh sekolah diliburkan sejak tanggal 16 Maret hingga 14 hari ke depan. Himbauan untuk Work From Home pun dilakukan.

Berita yang simpang siur pun menimbulkan banyak kontroversi, salah satunya adalah manfaat klorokuin yang dapat menyembuhkan Covid-19. Klorokuin merupakan obat antimalaria sejak dulu. Meskipun demikian hal ini masih menjadi perdebatan.

Anjuran Minum Klorokuin Menyebar di Nigeria

Seperti dilansir dari AFP (17/3) anjuran minum klorokuin untuk mengobati COVID-19 berasal dari pesan suara yang beredar di Nigeria. Pesan tersebut dianggap menyesatkan karena menyatakan klorokuin manjur mengobati COVID-19.

Pemerintah Inggris menyatakan jika telah membuka penyelidikan ke web ilegal yang menjual obat ini.

Dalam pesen suara tersebut, pria tersebut mengklaim para dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi 500 miligram klorokuin selama delapan hari agar sembuh dari Virus Corona.

Sahabat Fimela, bijak dalam memilih dan memilah informasi sangat penting. Pastikan informasi yang kamu dapat akurat. Jangan panik dan tetap selalu menjaga kesehatan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading