Tips Mengatasi Kecemasan Tentang Virus Corona

Gayuh Tri Pinjungwati17 Mar 2020, 16:15 WIB
Coronavirus

Fimela.com, Jakarta Mungkin ini adalah salah satu hal yang menakutkan saat mengetahui bahwa penyakit seperti virus corona (COVID-19) menyebar di seluruh dunia. Pandemi ini membuat semua orang menjadi khawatir dan cemas. Perasaan takut, cemas, sedih dan tidak pasti adalah hal yang normal. Menjadi proaktif tentang kesehatan mental dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh lebih kuat. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi cemas akibat adanya virus corona.

Membaca Berita dari Sumber Terpercaya

Hindari media yang memabangun hype atau memikirkan hal-hal yang tidak dapat dikontrol. Alih-alih, buka sumber yang memberikan informasi andal tentang cara melindungi diri sendiri mungkin bisa dari World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Pencegahan

Selalu ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko. Mungkin dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan membatasi bepergian. Tetapi mengenali ini dapat meningkatkan seseorang untuk fokus pada hal-hal yang dikendalikan. Patikan langkah yang diambil adalah tindakan yang direkomendasikan oleh sumber yang memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Batasi Penggunaan Media

Menyimak kisah di media yang berbicara tentang seberapa cepat suatu penyakit menyebar, atau berapa banyak orang yang sakit akan meningkatkan kecemasanmu. Batasi konsumsi media hingga jangka waktu tertentu atau juga membatas sejumlah artikel. Meskipun sangat membantu untuk tetap mendapatkan informasi, namun jangan sampai terpengaruh oleh berita yang belum tentu benar yang membuat kecemasan semakin kuat.

Lakukan Perawatan Diri

Coronavirus
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PIPAT YAPATHANASAP

Konsumsi makanan yang seimbang, banyak tidur, dan melakaukan kegiatan santau selalu menjadi kunci untuk membantumu tetap sehat secara fisik dan psikologis selama masa stres. Perawatan diri yang baik juga membantu sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Mencari Bantuan Tenaga Profesional

Jika kesehatan mental terkena dampak dari virus corona, maka mungkin seseorang mungkin ingin mencari bantuan profesional. Seorang profesional kesehatan mental berlisensi dapat membantu keputusan terbaik untuk diri sendiri dan keluarga.

Perenungan atau Isolasi

Reaksi pribadi terhadap peningkatan ketakutan mungkin berbeda. Tetapi, banyak orang mengalami peningkatan ruminasi tentang kemungkinana sakit. Mereka dapat sangat mudah mengubah perilaku mereka ketika melakukan hal itu tidak dibenarkan. Individu dengan kerentanan tertentu dapat mengalami peningkatan psikosis atau paranoid. Ini dapat melibatkan kecenderungan untuk memasukkan fakta-fakta terkait wabah atau sebagai pembenaran untuk pemikiran khayalan mereka.

Mengolah kecemasan ketika belajar lebih banyak hal tentang wabah atau menemukan cara melindungi diri sendiri bisa menjadi mudah. Mendukung tentang kesehatan psikologis dapat membantu mengelola kesehatan mental selama masa ketidakpastian tentang virus corona.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓