Begini Cara Penyebaran Virus Corona yang Perlu Diwaspadai

Febi Anindya Kirana17 Mar 2020, 15:45 WIB
perempuan memakai masker

Fimela.com, Jakarta Virus Corona menjadi salah satu pandemik yang saat ini sedang banyak dibicarakan. Banyaknya kasus orang yang terinfeksi tentu membuat orang ingin tahu seperti apa cara penyebaran virus corona dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana mencegahnya.

Hampir sama seperti cara penyebaran virus influenza, virus corona terutama dapat menyebar melalui kontak langsung atau interaksi yang dekat dari satu orang ke orang lainnya, seperti disebutkan dalam Harvard Medical School.

Cairan tubuh yang keluar karena batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi virus corona dapat mendarat di mulut atau bercampur dengan udara di sekitarnya sehingga terhirup masuk ke dalam hidung orang yang ada di sekitarnya. Dari situlah virus akan menginfeksi dan menyebar.

Penyebaran Virus Corona

menyentuh fasilitas umum
copyright by Shutterstock

Virus corona juga dapat menyebar karena mengalami kontak dengan benda yang terkena virus corona, seperti menyentuh botol minum orang yang sudah terinfeksi, minum dari gelas atau alat makan yang sama dengan penderita.

Menyentuh gagang pintu dan fasilitas umum lainnya yang tidak kita ketahui sudah dipegang siapa saja juga memiliki kemungkinan menyebarkan virus, kemudian tanda sadar menyentuh hidung, mulut atau mata kita sendiri sehingga virus masuk ke tubuh.

Itu dia cara penyebaran virus corona yang perlu diketahui. Sebisa mungkin kita harus menjaga kebersihan diri sendiri, rajin mencuci tangan, memakai masker saat di luar rumah dan minum vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah terinfeksi virus ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓