Sukses

Lifestyle

5 Tips Jitu yang Bikin WFH Tetap Produktif

Fimela.com, Jakarta Untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin masif membuat pemerintah memberlakukan kebijakan Work From Home atau WFH. Sejumlah perusahaan pun memanfaatkan media online untuk melakukan rapat koordinasi dan mengurangi intensitas untuk bertemu orang lain.

Melakukan WFH memiliki potensi berkurangnya produktivitas dalam bekerja. Tokopedia memiliki beberapa trik jitu untuk melakukan WFH yang produktif. Bagaimana caranya?

1. Menyiapkan tempat kerja yang nyaman

WFH yang produktif bisa dimulai dengan mempersiapkan tempat kerja yang sesuai. Kamu bisa memanfaatkan berbagai ruangan yang ada di rumah dengan minim distraksi. Kamu bisa menggunakan meja dan kursi yang ergonomis untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Atau memanfaatkan meja lipat untuk memungkinkan kamu bekerja di atas tempat tidur.

2. Memastikan perlengkapan yang memadai

Meski WFH, kamu tetap bisa mengondisikan diri layaknya bekerja di kantor dengan segala peralatannya. Di meja kerja yang telah kamu siapkan, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan, mulai dari alat tulis, gelas untuk minum, kertas coretan hingga handphone berada di posisi yang mudah dijangkau.

 

3. Disiplinkan diri

Melakukan WFH otomatis akan jauh lebih minim pengawasan dari atasan. Untuk itu, kamu harus tetap mendisplinkan diri dalma bekerja dengan membuat rencana kerja atau to-do list. Termasuk mengatur jadwal istirahat untuk makan siang atau mengecek media sosial secara bijaksana agar produktivitas tetap bekerja.

4. Jadwalkan rapat online secara berkala

Kamu bisa memanfaatkan platform digital untuk melakukan panggilan video dan suara sehingga komunikasi antar rekan kerja tetap berjalan efektif. Sebaiknya jadwalkan pertemuan secara online pada pagi dan sore hari untuk memastikan semua pekerjaan sudah selesai dan bisa menyusun pekerjaan berikutnya.

5. Tetap responsif

Kecepatan dalam merespon dapat meningkatkan efektivitas dalam menyelesaikan pekerjaan bersama tim. Jika kehabisan pulsa atau paket data, bisa membeli di sejumlah e-commerce dengan mudah.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading