5 Herbal Peningkat Imunitas Tubuh Saat WFH, Apa Saja?

Anisha Saktian Putri18 Mar 2020, 15:30 WIB
ibu kerja di rumah

Fimela.com, Jakarta Pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan work from home (WFH) atau bekerja di rumah. Presiden Joko Widodo pun telah menghimbau WFH untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hal ini dia sampaikan dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/20).

Bahkan, perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan kebijakan WFH seperti Google, Microsoft, Twitter, Amazon, maupun Spotify. Walaupun hanya di rumah saja bukan berarti kita tidak menjaga imunitas tubuh. Sebab, menjaga imunitas dapat mencegah kita dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Agar tubuh tetap sehat dengan daya tahan tubuh yang baik, dapat dilakukan dengan mengonsumsi berbagai tanaman rimpangan atau herbal. Sport Nutritionist & Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS., RDN pun menjabarkan beberapa herbal yang dapat dikonsumsi, apa saja? Mari kita simak.

1. Jahe Merah

jahe merah
ilustrasi jahe merah/copyright by Masitah Harun Shutterstock

Emilia Achmadi mengatakan jahe merah memiliki antioksidan lebih tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. "Jadi memang bukan menyembuhkan tapi mencegah dari berbagai virus," ujarnya dalam siaran pers yang dilakukan oleh Inkemaris.

Jahe juga memiliki kandungan polifenol dan gingerol yang dapat meningkatkan imunitas tubuhmu.

2. Kunyit

Selain menjadi bahan bumbu dapur, kunyit juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Emilia mengatakan bahan aktif pada kunyit dapat menghalau radang.

3. Jintan Hitam

Emilia menyampailan jintan hitam dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentu kandungan zat aktif ini bisa meningkatkan imunitas.

4. Sereh

Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga
Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga, pexel naomy

Tanaman sereh memiliki kandungan vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi. Sereh mengandung curcumin yang dipercaya dapat dijadikan penangkal virus corona.

5. Daun kelor

Guna menjaga kebugaran tubuh, disarankan mengonsumsi daun kelor karena memiliki kandungan protein 30 kali lipat lebih banyak dibandingkan sayuran lain.

Tak hanya mengonsumsi tanaman herbal, Emilia juga menyarankan untuk tetap melalukan olahraga dan menjaga pola makanan dengan gizi seimbang. "Jadi tidak hanya konsumsi herbal saja, tapi harus diimbangi dengan aktifitas fisik yang bisa dilakukan di rumah, makan-makanan bergizi," tutup Emilia

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓