Sukses

Lifestyle

Terhindar dari Virus Corona, Ini Cara Bersihkan Berbagai Gadget yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara pencegahan agara terhindar dari virus corona adalah dengan menjaga kebersihan. Ponsel, AirPods, laptop, hingga jam tangan pintar adalah sejumlah gadget yang digunakan untuk menemani aktivitas harian. Tapi yang harus diingat adalah, gadget tersebut harus dibersihkan secara rutin.

Permukaan gadget bisa menjadi tempat virus dan bakteri menempel. Di saat kita menyentuhnya, maka bisa menyebabkan tubuh terserang berbagai penyakit, termasuk virus corona. Membersihkan gadget tidak bisa sembarangan. Kamu harus memahami cara yang tepat agar tidak merusak gadget, sekaligus membersihkan bakteri dan virus secara sempurna.

Sepert yang dilansir dari Martha Stewart, simak sejumlah cara yang bisa kamu tiru, berikut ini.

1. Ponsel

Bukan rahasia lagi jika ponsel menyimpan bakteri lebih banyak dari dudukan toilet. Menurut Jessica Samson, seorang manager komunikasi di The Maids International, menyatakan bahwa barang elektronik adalah magnet untuk debu, kotoran, dan kuman. Untuk membersihkannya dari bakteri dan virus, kamu bisa menggunakan lap microfiber dan gunakan cairan isopropyl 70% untuk membersihkan layar, keyboard, dan permukaan lainnya. Hindari penggunaan aerosol spray, atau cairan pemutih, hal ini mampu merusak permukaan ponsel.

2. Headphones

Hedphones, earphones, AirPods, atau listening devices lainnya juga penting untuk dibersihkan. Alat-alat ini mengalami kontak langsung dengan telinga. Untuk membersihkannya, gunakan lap microfiber dan air untuk mengangkat debu. Jika earphone memiliki ujung yang bisa dilepas, maka lepaskan dan cuci dengan air dan sabun. Di saat ada kotoran yang terjebak, maka pakai sikat sikat lembut untuk membersihkannya agar seluruh kotoran terangkat sempurna.

3. Jam tangan pintar

Jam tangan digunakan pada pergelangan tangan. Berbicara mengenai bakteri dan kotoran, maka jam tangan sudah pasti menjadi tempat ideal bagi kuman. Bersihkan dengan menggunakan lap microfiber yang sudah dibasahi dengan air. Bersihkan area layar, casing, dan sikat peerlahan bagian tombolnya.

Di saat tali jam terbuat dari bahan nylon, maka gunakan detergen dan lap yang sudah dibasahi. Sedangkan untuk yang berbahan silikon, maka gunakan sedikit alkohol. Namun jika berbahan metal, gunakan lap khusus atau microfiber sehingga tidak menggores permukaannya. Dan untuk strap kulit, gunakan cairan khusus kulit agar tetap bersih dan terawat.

 

4. Laptop

Untuk laptop, mulai bersihkan dari layar dengan menggunakan lap microfiber yang lembap, lanjutkan ke area permukaan dengan menggunakan air dan sedikit sabun. Bersihkan area permukaannya dengan lap yang sudah diberi cairan tersebut. Andalkan cotton bud untuk membersihkan sela-sela keyboard. Dengan cara ini, maka laptop akan bersih terbebas dari kuman.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading