Sukses

Lifestyle

Tips Mengurangi Seringnya Menyentuh Bagian Wajah

Fimela.com, Jakarta Ketika penyebaran virus tengah berlangsung, penting bagi kita tetap menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah tertularnya virus corona. Beberapa cara pencegahan dapat dilakukan misalnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik, menjaga jarak sosial, mengonsumsi makanan yang sehat supaya kekebalan tubuh tetap kuat dan tidak memegang bagian muka.

Menyentuh bagian muka adalah salah satu cara untuk mencegah virus tertular pada seseorang. Namun, terkadang kita masih saja melakukannya. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu menghentikan kebiasaan tersebut. Menyentuh wajah secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi flu atau virus corona. Mata dan mulut adalah area di mana virus dapat dengan mudah memasuki tubuh.

Peneliti telah menemukan bahwa orang menyentuh wajah mereka lebih dari 16 kali dalam satu jam. Berikut ini beberapa cara membuat seseorang untuk mengurangi menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang kotor.

Buatlah Note

Jika dirimu sering bekerja di depan komputer mungkin bisa membuat note dengan menuliskan  peringatan untuk tidak menyentuh muka jika belum mencuci tangan. Terkadang sat bekerja membuatmu lupa untuk menyentuh bagian muka.

Buat Tanganmu Menjadi Sibuk

Jika berada di rumah sedang menonton TV, cobalah untuk melipat pakaian yang baru kering atau menyeterika. Mungkin ini akan membuat dirimu mengurangi intensitas menyentuh muka.

Ingat Akan Bahayanya

Jika dirimu selalu ingin menyentuh wajah, terlebih tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, selalu ingat bahwa ada kuman dan virus yang setiap saat dapat menempel dan masuk ke dalam tubuh ketika dirimu menyentuh muka. Ingat bahwa virus dapat menular melalui udara dan tangan kita yang kotor.

Sedia Tisu

Jika memang ingin menyentuh bagian muka ketika hendak membersihkan keringat atau mengusap hidup, ada baiknya untuk menggunakan tisu. Ini dapat membantumu terhindar dari virus dan kotoran yang menempel pada muka. Akan lebih baik lagi jika mencuci tangan secara rutin.

Menggunakan Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan saat berada di tempat umum dan kemungkinan besar terpapar dengan menyentuh permukaan yang mengandung virus. Lalu lepaskan kembali sarung tangan tersebut saat sampai tujuan. Ini mungkin tidak biasa tetapi mengenakan sarung tangan di rumah juga dapat membantumu menghentikan kebiasaan menyentuh wajah.

Mata, hidung, dan mulut adalah jalur mudah untuk virus seperti COVID-19 untuk masuk ke tubuh. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari menyentuh wajah sesering mungkin.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading