Rajin Jalan Kaki Setiap Hari Efektif Turunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Febi Anindya Kirana22 Mar 2020, 12:46 WIB
jalan kaki

Fimela.com, Jakarta Jalan kaki mungkin kegiatan sederhana yang mudah dilakukan. Meski tidak tampak seperti olahraga namun jalan kaki termasuk aktivitas aerobik yang masuk kategori olahraga dan sehat untuk jantung.

Tak bisa disepelekan, ternyata rajin jalan kaki setiap hari juga bisa menurunkan risiko diabetes dan hipertensi, menurut penelitian yang dipresentasikan dalam American Heart Association’s Epidemiology and Prevention/Lifestyle and Cardiometabolic Health Scientific Sessions 2020 baru-baru ini.

Manfaat jalan kaki setiap hari

olahraga jalan kaki
Tips olahraga jalan kaki./Copyright shutterstock.com

Standar rekomendasi jalan kaki yang banyak disebut adalah 10 ribu langkah per hari. Penelitian yang dilakukan selama 9 tahun terhadap partisipan usia paruh baya ini menemukan bahwa orang yang rajin berjalan kaki setiap hari mengalami penurunan risiko sebesar 43% mengalami diabetes dan 31% mengalami tekanan darah tinggi.

Alasannya sederhana, jalan kaki membantu membakar kalori tubuh tanpa disadari. Secara alami, jalan kaki mampu melepaskan stres dan meningkatkan kelancaran peredaran darah, bahkan bisa meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit.

Bukan hanya meningkatkan metabolisme tubuh jalan kaki juga efektif mencegah penumpukan lemak, membuat sistem pernapasan lebih baik dan menguatkan otot. Jadi, jika ingin sehat, cara sederhananya adalah rajin jalan kaki, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓