Sukses

Lifestyle

Beberapa Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Adanya penyebaran virus corona, membuat sebagian orang khawatir akan penyakit ini. Virus ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia. Gejala dari penyakit ini juga hampir sama dengan flu biasa yaitu demam, batuk, dan pilek. Hanya saja penyakit ini biasanya disertai dengan sesak napas.

Begitu banyak cara untuk mencegah virus corona dengan menjaga kebersihan misalnya mencuci tangan sesering mungkin, tidak menyentuh muka dengan kondisi tangan kotor, menutup mulut dan hidung saat batuk atau pun bersin dan melakukan jarak sosal dengan orang-orang sekitar. Selain menjaga kebersihan ada baiknya untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jika memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka kemungkinan besar tubuh akan membuat antibody yang dapat memerangi virus berbahaya. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menambah daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Blueberry

Blueberry adalah sejnis buah-buahan yang memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi tahun 2006 mencatat bahwa flavonoid memainkan  peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya flavonoid, lebih kecil kemungkinannya mendapatkan infeksi saluran pernapasan atas atau pilek daripada mereka yang jarang mengonsumsinya.

Kunyit

Kunyit adalah bumbu kuning yang sering digunakan untuk memasak. Selain itu juga sering diguakan untuk obat alternatif bagi sebagain besar orang. Mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh seseorang. Ini disebabkan oleh kualitas curcumin, senyawa dalam kunyit. Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Minyak Ikan

Salmon, tuna, makarel, dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber asam lemak omega-3. Menurut laporan 2014, asupan jangka panjang asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko rheumatoid srthritis (RA). RA adalah kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian tubuh yang sehat.

4. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang mengandung sumber vitamin C lainnya. Sayur ini mengandung antioksidan kuat, seperti sulfaraphane. Karena alasan ini, sayuran merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Bayam

Bayam yang merupakan sayuran yang menganding zat besi yang baik untuk tubuh. Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C dan E yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Peneliti juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu biasa pada orang sehat.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung biakan bakteri hidup yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian awal menunjunjukkan bahwa kefir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut ulasan 2017, berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kefir secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu mengonsumsi kefir juga dapat membantu tubuh melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Jahe

Sama dengan kunyit, jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebagian besar orang percaya bahwa jahe dapat digunakan untuk pengobatan tradisional. Menurut ulasan jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang memungkinkan menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Bawang Putih

Tanpa disadari bawang putih dapat membantu mencegah masuk angina. Bawang putih adalah obat rumahan yang umum digunakan untuk pencegahan pilek dan penyakit lainnya. Kandungan anti bakteri pada bawang putih dapat melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh seseorang.

Jeruk dan Kiwi

Jeruk dan kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C dipercaya dapat membantu melawan virus dan mencegah flu pada seseorang. Selain itu juga kandungan vitamin C pada buah kiwi dan jeruk dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh setiap orang.

Berikut tadi adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, sistem kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, berolahraga secara rutin, cukup tidur dan

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading