Dengan 3 Ritual sebelum Tidur Ini, Tubuh Lebih Segar saat Bangun

Endah Wijayanti19 Mar 2020, 13:45 WIB
kurang tidur saat diet

ringkasan

  • Bersih-Bersih
  • Mandi atau Merendam Kaki
  • Matikan Lampu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kualitas tidur kita sangat memengaruhi kualitas hidup kita. Kurang tidur atau mengalami gangguan tidur bisa membuat tubuh jadi gampang lelah dan energi ikut menurun. Biasanya kualitas tidur yang baik ditandai dengan tubuh yang terasa segar saat bangun.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satunya adalah menciptakan ritual tidur yang baik. Melansir sheknows.com, ada tiga ritual yang bisa kita lakukan sebelum tidur agar badan terasa lebih segar saat bangun. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

1. Bersih-Bersih

Luangkan waktu beberapa menit untuk bersih-bersih. Mungkin merapikan kamar tidur, membersihkan meja kerja, atau mencuci semua piring kotor. Ruang dan lingkungan yang bersih bisa membuat pikiran kita terasa lebih "bersih". Sehingga saat tidur pun bisa lebih nyaman.

2. Mandi atau Merendam Kaki

rendam kaki
Ilustrasi merendam kaki./Copyright shutterstock.com/g/newafrica

Bila perlu dan memungkinkan, kita bisa mandi terlebih dahulu sebelum tidur. Mandi air hangat atau berendam dengan air hangat bisa bantu atasi otot-otot yang kaku dan membantu memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh serta pikiran kita. Jika tidak terbiasa mandi malam hari, bisa coba spa kaki. Siapkan sebaskom air hangat yang ditambah garam Epsom. Lalu, rendam kaki selama beberapa menit sebelum beranjak tidur.

3. Matikan Lampu

Matikan lampu. Usahakan kamar tidurmu dalam keadaan gelap saat kamu akan tidur. Tidur saat malam dalam keadaan gelap diyakini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi yang sedang banyak pikiran atau punya masalah tidur, kondisikan kamar dalam keadaan sejuk. Kamar yang gelap dan sejuk bisa membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Ada baiknya kita punya jadwal tidur yang teratur setiap harinya. Dengan jadwal tidur yang teratur, tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. Aktivitas sehari-hari pun bisa dijalani dengan lebih optimal.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓