Cara Seru Ajak Buah Hati Biar Semangat #SikatGigiMalam, Dijamin Bikin Dia Happy

Iwan Tantomi19 Mar 2020, 11:46 WIB
Cara Seru Ajak Buah Hati Biar Semangat #SikatGigiMalam, Dijamin Bikin Dia Happy

Fimela.com, Jakarta Ada saja alasan anak-anak saat diminta menggosok gigi sebelum tidur. Mulai dari ngantuk, ada monster di kamar mandi, hingga mengaku bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Padahal menurut riset yang dilakukan Unilever di tahun 2019, anak yang jarang #SikatGigiMalam lebih berpotensi mengalami masalah pada kesehatan gigi seperti karies atau gigi berlubang dan dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Akan tetapi membiasakan anak untuk menyikat gigi tiap malam bisa jadi tantangan yang bikin orangtua pusing. Solusinya, coba beberapa cara seru berikut ini yang bikin anak-anak makin happy menyikat gigi sebelum tidur.

Sikat Gigi Ramai-Ramai

Mengantuk atau kurang semangat saat menyikat gigi di malam hari bakal hilang kalau melakukannya bersama-sama. Luangkan waktu sebelum tidur untuk mengajak anak menyikat gigi. Selain dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bentuk quality time, juga bisa mengajarkan cara sikat gigi yang tepat.

Ingat, anak merupakan peniru yang ulung jadi daripada menjelaskan urutan menyikat gigi yang benar, berikan contoh langsung. Mulai dari memegang gagang sikat gigi, berapa banyak pasta gigi yang dipakai hingga teknik menggosok gigi.

Berikan Reward

Pemberian reward setelah anak menyelesaikan tugas atau kewajibannya bisa jadi trik jitu untuk mendorong anak terbiasa menyikat gigi di malam hari. Nggak harus memberikan hadiah setiap kali ia sukses menyikat gigi tanpa rewel, coba berikan stiker untuk ditempelkan di papan atau kertas kosong.

Setelah mencapai target yang ditetapkan, baru berikan hadiah seperti buku kesayangan atau diajak mengunjungi taman favoritnya. Sebaiknya, hindari menghadiahi makanan manis, apalagi jelang tidur yang justru dapat memicu gigi berlubang.

Biasakan Lewat Permainan

Cara menyenangkan lainnya yang dapat melatih kebiasaan anak menyikat gigi di malam hari adalah melalui permainan. Mulai dari bermain peran hingga menggunakan bantuan media seperti mengikuti Petualangan Mama Sigi dan Pepo Pepsodent selama 21 hari.

Biarkan Memilih Sikat dan Pasta Gigi Sendiri

Ingin anak bersemangat menyikat gigi setiap malam? Berikan kesempatan pada mereka untuk memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri. Di pasaran kini banyak pilihan produk yang disediakan khusus untuk anak, mulai dari yang mengusung bentuk menggemaskan, karakter kartun favorit, hingga warna yang cerah. Pilihan pasta giginya pun beragam dan biasanya dilengkapi dengan rasa yang menarik bagi anak-anak seperti Pepsodent Kids.

Cara Seru Ajak Buah Hati Biar Semangat #SikatGigiMalam, Dijamin Bikin Dia Happy
┬ęPepsodent

Setiap malam, akan dikirimkan notifikasi tentang petualangan terbaru di ponsel yang dipandu oleh Mama Sigi dan Pepo. Bersama orangtua, anak-anak bisa menyikat gigi sambil nonton tokoh binatang yang lucu dan dijamin bikin anak kian semangat menyikat gigi setiap malam.

Selain cara-cara di atas, Pepsodent juga mengajak keluarga untuk mengikuti Night Brushing Hour yang akan digelar bersamaan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. Tepatnya pada tanggal 20 Maret 2020, salah satu kampanye menjadi #PahlawanSenyum ini akan digelar serentak pada pukul 19.30 WIB. Yuk, unggah foto siap #SikatGigiMalam dan cek informasi selengkapnya di sini. (adv/eth)

Lanjutkan Membaca ↓