Agar Tidak Mudah Sakit, Begini 5 Cara Menerapkan Personal Hygiene!

Febi Anindya Kirana19 Mar 2020, 12:41 WIB
menjaga kebersihan diri

Fimela.com, Jakarta Perubahan cuacana, badan lelah dan virus yang menyebar membuat tubuh rentan terserang penyakit. Jika tidka dimulai dari diri sendiri, tentu susah mempertahankan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Salah satu hal yang harus dilakukan agar tidak sakit adalah menjaga kebersihan diri sendiri atau menerapkan personal hygiene. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Mandi setiap hari

Mandi adalah cara paling sederhana menjaga kebersihan diri sekaligus ampuh menghindari kuman yang menempel di tubuh. Mandi disertai keramas untuk membersihkan tubuh dari kotoran dua kali sehari di pagi dan sore hari.

2. Sikat gigi

sikat gigi
ilustrasi perempuan sikat gigi/copyright Shutterstock

Sikat gigi dianjurkan paling tidak dua kali sehari yaitu di pagi dan malam sebelum tidur. Jika ingin menyikat gigi setelah makan, akan lebih baik, lakukan 30 menit setelah makan. Sikat gigi akan menjaga kebersihan rongga mulut, gigi dan mencegah berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut.

3. Mencuci tangan

Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk menghindari bakteri yang menempel di tangan sebelum makan, setelah menyentuh hewan, dari toilet, atau melakukan sesuatu. Cuci tangan paling tidak 20 detik dengan sabun secara menyeluruh agar efektif.

4. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin dan batuk

hand sanitizer
ilustrasi membersihkan tangan/copyright by FotoHelin (Shutterstock)

Pastikan tidak menyebarkan virus penyakit dengan cara menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk dengan tisu. Buang setelahnya dan cuci tangan.

5. Bawa hand sanitizer saat bepergian

Khawatir tidak menemukan air dan sabun di luar rumah, bawa hand sanitizer di tas agar bisa tetap menjaga kebersihan tangan sebelum makan, menyentuh wajah atau melakukan sesuatu.

Itu dia sekian personal hygiene yang perlu diterapkan setiap hari agar tetap sehat bebas penyakit.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 1