Melepaskan Memang Susah, tapi Menahan Seseorang yang Ingin Pergi Itu Lebih Menyiksa

Endah Wijayanti21 Mar 2020, 08:15 WIB
redakan galaumu

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang yang hadir dalam hidup kita akan menetap. Ada yang ternyata hanya mampir sejenak lalu memutuskan pergi. Ada juga yang hanya sekadar membawa harapan tapi tak pernah memenuhi janji untuk mewujudkan harapan tersebut.

Saat kita sudah menyayangi seseorang begitu dalam, rasanya kita ingin selalu ada di sisinya. Kita ingin selalu bersamanya. Namun, kita tak bisa menuntut setiap orang untuk mencintai kita tanpa syarat. Kita pun tak bisa memaksa seseorang untuk menetap ketika ia sebenarnya ingin pergi.

Melepaskan seseorang memang susah, tapi menahannya hanya akan memberi kita luka. Kita akan makin tersiksa mempertahankan seseorang yang tak ingin menghabiskan sisa hidupnya bersama kita. Bersama seseorang yang hatinya tidak pernah ada untuk kita hanya akan membuat kita seakan merasa dikasihani.

Letting go means to come to the realization that some people are a part of your history, but not a part of your destiny. ― Steve Maraboli

cara move on
Move on juga butuh keputusan./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Memaksa seseorang untuk tetap tinggal padahal ia sudah ingin pergi akan membuat kita seperti orang yang egois. Sekarang coba kita balik keadaannya. Keadaan di mana kamu ingin pergi tapi seseorang memaksamu dan menahanmu untuk tinggal. Pasti rasanya tidak nyaman sekali. Dibebani oleh permintaan yang tak pernah kita inginkan hanya akan membuat hidup kita tak pernah tenang.

You will find that it is necessary to let things go; simply for the reason that they are heavy. So let them go, let go of them. I tie no weights to my ankles. ― C. JoyBell C.

move on
Ilustrasi/copyrightshutterstock/BlurryMe

Melepaskan seseorang kadang justru akan meringankan banyak hal dalam hidupmu. Kita tak bisa memaksakan perasaan cinta dan suka pada orang lain. Memaksakan sesuatu hanya akan melukai salah satu pihak atau malah kedua pihak akan sama-sama terluka. Jika seseorang ingin pergi, maka relakanlah. Bisa jadi ini memang pertanda dia bukan orang yang tepat untukmu dan ada seseorang yang jauh lebih baik untukmu.

Tak perlu merasa dicampakkan ketika seseorang memilih untuk pergi. Dirimu tetap berharga dan layak dicintai apa adanya. Semoga dengan melepas seseorang yang memang bukan untukmu, hari-harimu ke depannya akan terasa lebih indah.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓