6 Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat saat Sering Mencuci Tangan

Gayuh Tri Pinjungwati21 Mar 2020, 16:15 WIB
cuci tangan

Fimela.com, Jakarta Dengan wabah virus corona, para ahli dari World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mendorong semua orang untuk sering mencuci tangan. Mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan infeksi dan virus. Sayangnya mencuci tangan dapat membuat permasalahan pada kulit. Ketika seseorang sering mencuci tangan mungkin akan membuat tangan menjadi lebih kering. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kulit tetap sehat saat sering melakukan cuci tangan.

Cuci dengan Air Hangat

Untuk mencegah penyebaran virus corona, seseorang harus melakukan cuci tangan selama 20 detik. Pastikan untuk mencuci seluruh bagian permukaan tangan dengan benar. Air hangat adalah baik digunakan untuk mencuci tangan. Selain dapat membunuh kuman dan virus, air hangat juga dapat melembabkan kulit supaya tidak terasa kering ketika seringnya melakukan cuci tangan.

Gunakan Sabun Cair

Banyak produk sabun yang dapat membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasi ini, cobalah untuk menggunakan sabun pelembab atau sabun cair untuk mencuci tangan. Mungkin juga dapat mengurangi penggunaan sabun batangan. Gunakan sabun cair yang memiliki komposisi yang cukup baik untuk kulit.

Gunakan Pelembab Kulit

Mengapa mencuci tangan terlalu sering membuat kulit menjadi kering? Alasannya adalah air bertindak seperti magnet yang akan menyerap air keluar dari lapisan kulit terdalam dan menguap ke udara kering. Hasilnya kulit menjadi lebih kencang dan kering. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk segera menerapkan pelembab pada tanagn setelah mencuci tangan. Penggunaan krim atau pelembab lebih baik daripada menggunakan lotion. Karena pelembab memiliki kandungan air. 

 

Gunakan Tisu untuk Mengeringkan Tangan

Lakukan ‘Tissue Challenge’ Aksi orang-orang Ini Bikin Kesal Sekaligus Kocak
Tissue Challenge (Sumber: Twitter/@suckceedtv)

Saat mengeringkan tangan, jangan usap untuk mencegah lecet pada kulit. Tisu adalah pilihan terbaik untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan. Jika menggunakan handuk pastikan tiddak menggunakannya secara bergantian. Jangan lupa untuk menegringkan tangan hingga benar-benar kering, karena kuman lebih mudah pindah ada tangan yang basah.

Gunakan Sarung Tangan

Selain mengoleskan pelembab ke kulit lembab setelah dicuci. Ada baiknya  untuk merendam tangan dalam air biasa selama 5 menit, lalu oleskan pelembab, dan kenakan sarung tangan selama 1 hingga 2 jam. Untuk tangan yang benar-benar pecah-pecah,  dapat melembabkan tangan dengan menggunakan krim dan mengenakan sarung tangan katun semalaman.

Gunakan Hand Sanitizer

Jika tangan terlalu pecah-pecah untuk mencucinya,  dirimu dapat menggunakan pembersih tangan seperti hand sanitizer untuk sementara waktu. Pembersih tangan adalah pilihan lain untuk membatasi cuci tangan sampai kulit pulih, tetapi tidak sebelum makan, setelah pergi ke kamar mandi, atau ketika tangan terlihat kotor, yang seharusnya melibatkan cuci tangan.

Nah berikut tadi beberapa tips untuk menjaga kulit tangan tetap sehat ketika sering melakukan mencuci tangan untuk membersihkan diri dari virus dan kuman yang menempel pada tangan.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓