Saat Sedih, Menyendiri Bisa Sangat Ampuh untuk Menenangkan Diri

Endah Wijayanti23 Mar 2020, 08:15 WIB
meluangkan waktu menyendiri

Fimela.com, Jakarta Saat sedang mengalami sebuah masalah atau baru saja dilanda sebuah kesedihan, kita mungkin punya cara atau respons berbeda terhadap situasi tersebut. Di antara kita pasti ada yang memilih untuk sengaja menyendiri ketika sedang sedih. Menjauh dari orang-orang dan keramaian.

Bukan berarti kita egois saat kita perlu menyendiri saat sedang bersedih. Bahkan ada kalanya kita butuh waktu untuk menyepi dan menyendiri saat suasana hati sedang tidak baik. Kita butuh waktu tenang untuk mengurai isi pikiran dan rasa kalut yang kita rasakan.

Menyendiri Bantu Melunakkan Tekanan dalam Diri

Saat sedih atau mengalami masalah, stres dan tekanan yang kita rasakan bisa terasa begitu menyiksa. Ketika kita masih belum tahu cara paling tepat atasi stres itu, maka kita perlu melunakannya. Salah satunya adalah dengan menyendiri. Melansir psychcentral.com, satu cara cepat untuk mengurangi stres adalah dengan meluangkan waktu 10-15 menit untuk duduk tenang, meditasi, mendengarkan musik, jalan-jalan, atau sekadar tidur sebentar. Walau kita belum menemukan jalan keluar dari masalah yang kita hadapi, setidaknya kita bisa lebih tenang dan tekanan dalam diri bisa sedikit berkurung.

Menyendiri Bantu Memulihkan Diri

Saat tubuh kita sedang sakit, kita pasti akan membutuhkan kamar atau ruangan untuk istirahat penuh, tanpa gangguan, tanpa suara bising. Begitu pula ketika mental kita sedang tidak baik-baik saja, maka kita perlu ruangan yang juga tenang untuk memulihkan diri. Kita bisa menghemat dan menyimpan energi tubuh kita untuk memulihkan diri di saat sepi.

Sometimes, you need to be alone. Not to be lonely, but to enjoy your free time being yourself.

bangun pagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Menyendiri Bantu Menjernihkan Pikiran

Ketika dihadapkan pada sebuah masalah, kita seringkali memikirkan banyak hal tak penting. Rasa cemas dan gelisah pun akan membaut pikiran jadi makin campur aduk. Belum lagi dengan stimulasi dari lingkungan dan orang-orang yang begitu berisik, rasanya makin sulit untuk menenangkan diri dalam situasi seperti itu. Dengan menyendiri, kita memberi waktu dan ruang pada diri sendiri untuk menjernihkan pikiran. Berbaik hati pada diri sendiri untuk istirahat sejenak.

Jika memang ingin sendiri saat sedang sedih atau punya masalah, izinkan dirimu untuk menyendiri. Luangkan waktu untuk mengizinkan dirimu berhenti sejenak dari berbagai keriuhan di sekitarmu. Ketika hati dan pikiran sudah tenang, maka kita akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar dari kesedihan dan masalah yang ada.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓