Antikanker hingga Antidiabetes, Ini 7 Manfaat Kesehatan Labu Siam

Febi Anindya Kirana21 Mar 2020, 16:45 WIB
labu siam

Fimela.com, Jakarta Labu siam mungkin menjadi sayuran yang lebih banyak ditemui di pasar tradisional. Dijual dengan harga relatif murah, ternyata labu siam mengandung gizi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang sehat.

Ada banyak manfaat tersembunyi yang dimiliki labu siam, seperti dilansir dari Healthline, beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh

Karena kandungan antioksidan yang tinggi terutama vitamin C, labu siam sangat membantu dalam melawan radikal bebas, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, menghindari inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan mengalami penyakit. Ada satu antioksidan labu siam disebut myricetin yang ternyata menjadi antioksidan antikanker dan antidiabetes.

2. Menjaga jantung sehat

sup ayam labu siam
Ilustrasi sup ayam labu siam./Copyright shutterstock.com/g/shabbydecor

Ternyata antioksidan berupa myricetin juga mampu membuat pembuluh darah rileks sehingga mampu melancarkan peredaran darah. Antioksidan ini juga bekerja menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Megendalikan kadar gula darah

Selain myricetin yang bersifat antidiabetes, serat labu siam yang mudah larut ternyata mampu menetralkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Kandungan sehat

Karena tinggi vitamin B9 yang juga disebut folat, labu siam sangat cocok jadi menu wajib ibu hamil. Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang sehat, terutama perkembangan otak dan saraf.

5. Meningkatkan fungsi liver

labu siam
Ilustrasi/copyright Ryan Wijaya Tan / Shutterstock.com

Sebuah penelitian dalam PubMed Central menemukan bahwa lemak hati bisa dikurangi dengan rajin makan labu siam karena sayur ini memiliki kandungan antioksidan dan serat sangat bagus membuatng lemak hati yang menumpuk.

6. Menghambat penuaan

Antioksidan membuat mampu meremajakan sel-sel kulit, mendukung regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit tetap kencang dan padat. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk memproduksi kolagen kulit.

7. Mencegah kanker

Seperti yang sudah disebutkan di atas, antioksidan dalam labu siam disebut myricetin yang menjadi antioksidan kuat yang bersifat antikanker.

Wah, jadi jangan remehkan labu siam ya, jika kebetulan menemukannya di pasar, jangan ragu membeli dan mengolahnya di rumah.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓