Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam tidak Amis

Ayu Puji Lestari23 Mar 2020, 09:45 WIB
Ceker

ringkasan

  • Pilih Ceker Ayam yang Berkualitas
  • Gunakan Jeruk Nipis
  • Gunakan Air Rebusan Kedua
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk membuat makanan berkuah menjadi enak adalah penggunaan kaldu. Salah satu kaldu yang bisa digunakan adalah ceker ayam. Selain mudah didapat, ceker ayam juga kaya akan protein dan kalsium. Namun jika salah membuat, kaldu ceker ayam ini akan amis.

Nah, buat kamu yang suka membuat kaldu ceker ayam cara ini bisa dicoba. Berikut tips membuat kaldu ceker ayam agar tidak amis.

Pilih Ceker Ayam yang Berkualitas

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat kaldu ceker ayam adalah memilih ceker yang baik. Pilih ceker ayam yang masih segar. Sebelum mengolahnya pastikan kamu membersihkannya dengan benar.

Gunakan Jeruk Nipis

Untuk menghindari bau amis pada ceker ayam, usahakan untuk melumurinya dengan air jeruk nipis. Cara ini selain membuat ceker ayam lebih kesat, juga dapat mengurangi bau amis.

Gunakan Air Rebusan Kedua

Sop Ceker
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Saat membuat kaldu ceker ayam, sebaiknya buang air rebusan pertamanya. Air rebusan ini cenderung amis dan berwarna keruh. Setelah merebus ceker sebentar saja, buang airnya dan tiriskan. Rebus air kedua hingga mendidih baru masukkan ceker ayam. Air rebusan inilah yang sebaiknya kamu gunakan.

Air kaldu ceker ayam ini bisa digunakan untuk campuaran MPASI, sebagai kuah sop, soto dan masakan lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat memasak.

Lanjutkan Membaca ↓