Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Isolasi Diri di Rumah? Intip 4 Cara Seru Agar Sosialisasi Tetap Berjalan

Fimela Editor26 Mar 2020, 19:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Kerja

ringkasan

  • Pejabat kesehatan masyarakat dan ilmuwan merekomendasikan agar menjauhi kelompok besar orang banyak sebisa mungkin dan juga membatasi kegiatan sosialisasi dalam kelompok kecil.
  • Secara resmi pemerintah Indonesia menghimbau untuk semua masyarakat melakukan social distancing dengan cara isolasi diri di rumah. Hal ini dilakukan guna membantu mencegah penyebaran penyakit virus corona yang juga dikenal se
  • Dengan sedikit kreativitas, banyak cara dalam bersosialisasi yang dapat disesuaikan dengan bentuk virtual.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Secara resmi pemerintah Indonesia menghimbau untuk semua masyarakat melakukan social distancing dengan cara isolasi diri di rumah. Hal ini dilakukan guna membantu mencegah penyebaran penyakit virus corona yang juga dikenal sebagai COVID-19. Pejabat kesehatan masyarakat dan ilmuwan merekomendasikan agar menjauhi kelompok besar orang banyak sebisa mungkin dan juga membatasi kegiatan sosialisasi dalam kelompok kecil.

Setelah beberapa saat dilakukan, social distancing dan isolasi diri di rumah membuat sebagian orang merasa kesepian hingga frustrasi. Social distancing tentu bukan hal yang mudah. “Kami cemas. Kami membutuhkan jaminan. Kami ingin percaya bahwa segala sesuatunya normal. Tetapi karena segala sesuatunya tidak normal seperti yang biasa kita alami, berhubungan dengan orang lain saat ini harus menjadi sangat kreatif," jelas Carolyn Cannuscio, Sc.D., ahli epidemiologi sosial dan direktur penelitian di Center for Public Health Initiatives di University of Pennsylvania.

Melansir dari self.com, berikut adalah beberapa cara kreatif untuk menjaga kehidupan sosial kita tetap hidup dan berjalan di tengah masa isolasi diri guna mencegah penyebaran virus corona.

1. Beralihlah ke video call dan berbicara di telepon

Sekaranglah saatnya untuk membangkitkan panggilan telepon dan obrolan melalui video! Selain saling mengirimkan pesan singkat, mendengar suara temanmu dan melihat wajah mereka merupakan hal penting untuk menjaga agar kehidupan sosial tetap berjalan. Dengan sedikit kreativitas, banyak cara dalam bersosialisasi yang dapat disesuaikan dengan bentuk virtual. Sosialisasi tetap hidup dengan menggunakan Google Hangouts sesudah jam kerja WFH usai. Jika ingin tahu virtual party terlihat seperti apa, kamu bisa menonton The Circle di Netflix.

2. Menonton film bersama

Menonton film di malam hari bisa menjadi pengisi waktu sebelum tidur. Situs seperti Watch2Gether, Gaze, Twoseven, dan Netflix membantu kamu nonton secara streaming sehingga kamu dan teman-teman dapat menikmati menonton film bersama. Kamu bahkan dapat menggunakannya untuk menonton video YouTube yang menghibur.

3. Cari sahabat pena

Sekarang mungkin bukan waktu yang paling mudah untuk bertemu orang baru tetapi mengapa tidak? Ada situs web dan komunitas yang didedikasikan untuk mempertemukan kita dengan orang asing untuk saling berbincang atau mengirim email. Worldwide Snail Mail Pen Pal adalah komunitas sahabat pena gratis di Facebook dan PenPal World telah menghubungkan teman pena sejak 1998.

Tidak hanya itu, di Twitter juga terdapat sahabat pena yang terorganisir dengan baik. Jika Anda tidak merasa cocok dengan orang asing, sekarang mungkin saatnya untuk terhubung kembali dengan beberapa teman lama dari sekolah menengah dan perguruan tinggi atau menulis surat kepada kerabat yang kamu kenal.

 

4. Permainan virtual malam hari

Permainan virtual malam hari
Ilustrasi Permainan Virtual / Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

The Jackbox Party Pack pada dasarnya dibuat untuk mengisi waktu semasa social distancing. Ini adalah kumpulan permainan pesta yang menyenangkan untuk mengenal teman-teman dan tertawa, alih-alih mengujo keterampilan. Pada dasarnya yang kamu butuhkan adalah satu teman yang memiliki permainan, smartphone, dan koneksi internet.

Lifehacker juga memiliki daftar permainan papan populer yang dapat kamu mainkan secara online dengan teman-teman. Kamu mungkin dapat menemukan cara untuk membuat kembali game favorit secara virtual dengan sedikit kreativitas. Terakhir, ingatlah bahwa sebagian besar konsol game memiliki opsi daring dan kemampuan obrolan suara yang mungkin belum pernah kamu gunakan sebelumnya.

Penulis: Finda

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓