Cara Membuat Kue Cucur Empuk Bersarang dengan 7 Bahan Saja

Endah Wijayanti24 Mar 2020, 08:15 WIB
Kue Cucur

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak mencoba membuat kue cucur tapi hasilnya malah bantet? Kue cucur gula merah termasuk jenis kue yang cukup mudah dibuat. Hanya saja memang perlu kesabaran dan langkah-langkah yang tepat dalam proses pembuatannya.

Untuk membuat kue cucur yang empuk, tidak bantet, dan bersarang cantik, ada langkah-langkah mudah yang bisa diikuti. Sebelumnya, siapkan dulu bahan-bahannya seperti berikut ini.

  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 130 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Buat Larutan Gula Merah

Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan, dan garam. Setelah mendidih, saring, dan diamkan sampai hangat suam-suam kuku terlebih dahulu atau sampai dingin. Supaya kue cucur tidak bantet, hindari mencampurkan larutan gula yang masih panas ke dalam adonan tepung, ya.

Kocok dengan Mixer Berkecepatan Rendah

Gula Merah
Ilustrasi gula merah./copyright shutterstock.com

Campur adonan tepung beras dan tepung terigu ke dalam wadah. Tuang larutan gula. Kocok dengan mixer berkecepatan rendah selaa kurang lebih 5 menit. Pastikan semua tercampur rata.

Istirahatkan Adonan

Adonan yang sudah selesai dibuat, didiamkan dulu selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, aduk adonan dengan menggunakan whisk.

Gunakan Wajan Cekung

Panaskan minyak secukupnya pada wajan cekung, tidak perlu terlalu banyak atau sampai penuh. Tuang satu sendok sayur ke dalam wajan yang sudah panas. Ingat untuk selalu mengaduk adonan sebelum dituang ke wajan. Setelah adonan dituang ke wajan, siram bagian atasnya dengan minyak menggunakan spatula. Masak hingga matang. Tusuk dengan tusuk gigi, bila tidak ada adonan yang lengket atau menempel pada tusuk gigi, itu tandanya kue cucur sudah matang.

Gunakan api kecil saat meggoreng kue cucur supaya matang merata dan berserat. Semoga infonya bermanfaat, ya dan sekarang saatnya untuk langsung membuat sendiri kue tradisional ini di rumah.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓