Tips Mudah Mengatasi Rasa Kantuk Siang Hari Saat di Kantor

Gayuh Tri Pinjungwati23 Mar 2020, 19:15 WIB
ngantuk

Fimela.com, Jakarta Jika dirimu bisa tinggal di rumah dan bersantai untuk hari itu, sedikit mengantuk bukanlah masalah besar. Tetapi kelelahan di temapt kerja dapat memiliki konsekuensi yang signifikan. Dirimu mungkin kehilangan tenggat waktu atau ketinggalan karena beban kerja. Jika ini menjadi sebuah pola, mungkin pekerjaanmu dalam bahaya.

Mengobati penyebab mengantuk di siang hari seperti sleep apnea, Tetapi, jika dirimu mengambil langkah untuk merasa lebih baik, kantuk di siang hari mungkin tidak membaik dalam semalam. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi rasa kantuk siang hari saat di kantor.

Mengonsumsi Minuman Kafein

Jika merasa lamban dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor, cobalah untuk mengatasinya dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Minuman kafein mungkin merupakan penambah energi yang dirimu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kafein adalah stimulan, artinya meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental seseorang dana membantu melawan rasa kantuk. Pergilah ke ruang istirahat dan meminum secangkir kopi. Tetap berhati-hati untuk tidak berlebihan dan membuatmu gelisah.

Tidur Beberapa Saat

Terkadang, menutup mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kantuk di siang hari. Jika dirimu harus memejamkan mata, tidurlah sebentar sebentar di ruang istirahat makan siang. Jika memiliki ruangan sendiri, tutup pintu dan letakkan kepala di atas meja. Tidur siang selama 15 atau 30 menit mungkin memberimu energi yang cukup untuk berkuasa sepanjang hari. Jangan lupa mengatur jam alarm untuk menghindari dirimu tidur terlalu lama.

Beranjak dari Meja Kerja

Duduk terlalu lama di satu tempat dapat memperburuk kantuk di siang hari. Cobalah untuk beranjak dari meja kerja dan berjalan-jalan disekitar ruangan. Ini juga dapat membantumu tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaanmu. Memang, mungkin dirimu tidak dapat menjauh dari meja terlalu lama. Dirimu mungkin dapat aktif dan bergerak di meja kerja. Mungkin bisa dengan menggoyangkan kaki saat duduk di kursi.

Mendengarkan Musik Ceria

mendengar musik
ilustrasi mendengar musik/copyright by Shutterstock

Jika merasa mengantuk di tempat kerja, harus melakukan pekerjaanmu dalam diam bisa menjadi hambatan. Dirimu mungkin merasa seolah-olah akan tertidur kapan saja. Cobalah untuk membangunkan otak dengan mendengarkan musik ceria. Gunakan headset dan putar laku yang yang dirimu suka untuk tetap bersemangat mengerjakan pekerjaan.

Pilih Makan Siang yang Ringan

Jika sering mengantuk di siang hari, makan siang yang berat bisa memperburuk keadaan. Lakukan yang terbaik untuk menjauh dari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih. Makan siang yang ringan untuk menjaga energimu tetap tinggi. Saat mengemas makan siang, pilih sumber energi yang lebih sehat. Ini termasuk telur rebus, ayam, beri, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

Mencuci Muka

Jika kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergi ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah. Peretasan yang cepat dan sederhana ini dapat memulihkan energimu dan memberikan efek segar saat merasa mengantuk.

Tetap Sibuk

Kantuk di siang hari dapat diintensifkan dengan terlalu banyak downtime. Tergantung pada sifat pekerjaan, dirimu mungkin memiliki periode ketika memiliki tanggung jawab lebih sedikit. Tanpa banyak yang harus dilakukan, dirimu mungkin mulai merasa lebih lelah. Minta atasan untuk beberapa tanggung jawab ringan, jika memungkinkan. Dirimu mungkin bisa membantu pekerjaan melimpah. Mengatasi cara mengelola kantuk di siang hari dapat membuatmu tetap berada di sisi baik atas dirimu.

Ketika rasa kantuk menyerang cobalah untuk melewati hari. Atasi masalah yang mendasarinya mungkin dapat konsultasikan dengan dokter jika dirimu merasa kelelahan berlanjut selama lebih dari beberapa minggu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓