Sukses

Lifestyle

7 Benda yang Perlu Dibersihkan untuk Menghindari Penyebaran Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Virus COVID-19 mungkin membuat sebagian besar orang menghabiskan hampir seluruh waktu di rumah dalam akhir-akhir ini. Sangat penting untuk melakukan pencegahan penyebaran virus ini selain dengan mencuci tangan, isolasi diri dan social distancing. Menjaga kebersihan rumah juga bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kuman, bakteri dan virus dapat dengan mudah mengendap di beberapa tempat di sekitar rumah kita terlebih jika ruangan tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup serta lembab.

Menurut CDC virus corona dapat tetap hidup di permukaan benda mati selama berjam-jam atau bahkan  bershari-hari. Jadi sangat penting untuk memperhatikan setiap bagian-bagian rumah terutama yang jarang dibersihkan. Berikut ini beberapa benda yang dapat dibersihkan secara rutin untuk menghindari penyebaran virus corona melalui benda mati.

Gagang Pintu

Dirimu mungkin dapat menghitung berapa kali menyentuh gagang pintu setiap hari. Tetapi kemudian dirimu harus mempertimbangkan setiap pintu di rumah dan berapa kali gagang pintu tersebut tersentuh oleh tangan yang berbeda setiap harinya. Terutama ketika semua orang bertahan di rumah untuk waktu yang cukup lama, desinfeksi semua gagang pintu beberapa kali sehari. Sementara jarak sosial dapat mengurangi kemungkinan virus dan bakteri menular. Tetap lakukan jarak sosial, mungkin saja orang yang terlihat baik-baik saja mereka sudah terinveksi namun belum menunjukkan gejala yang signifikan.

Sakelar Lampu

Sakelar adalah tempat yang sering disentuh oleh orang-orang di rumah yang mungkin harus dibersihkan setiap hari. Tisu antibakteri mungkin bisa digunakan untuk membersihkan sakelar. Meskipun terlihatnya hanya benda kecil namun sakelar bisa menjadi sumber penyebaran virus, karena telah disentuh oleh banyak tangan yang berbeda setiap harinya. Jadi jangan meremehkan hal-hal kecil yang sebenarnya penting untuk dilakukan.

Kursi

Kursi yang sering kita pakaia di rumah juga menjadi benda yang wajib untuk dibersihkan secara rutin. Ini karena kursi sering digunakan untuk bersandar dan digunakan lebih dari satu orang setiap hari. Terlebih jika isolasi yang membuat orang bertahan di rumah untuk waktu yang cukup lama, bisa jadi kursi adalah tempat yang nyaman untuk digunakan oleh anggota keluarga. Ada baiknya untuuk membersihkan kursih setiap hari, bila perlu semprotkan disenfektan agar lebih aman.

Meja

Sama halnya kursi, meja menjadi tempat yang paling digunakan untuk bekerja di rumah, terlebih jika anak-anak melakukan pembelajaran di rumah tentu ini membuat meja sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Bersihkan permukaan meja beberapa kali sehari jika digunakan sepanjang hari.

Toilet

Semua orang tentunya tahu bahwa toilet adalah tempat yang mungkin kotor dan tentunya tempat yang harus sering dibersihkan. Namun, ketika virus mulai menyebar dengan mudahnya akan menularkan dari anggota keluarga satu ke anggota keluarga lainnya. Sebaiknya, tingkatkan kebersihan toilet dengan membersihkannya secara rutin dan pastikan fokus pada area yang sering sentuh oleh tangan seperti flush dan ujung dudukan toilet.  

Kran Wastafel

Saat dirimu sering mencuci tangan sepanjang hari, dirimu juga sering menyentuh kran wastafel. Kran pada wastafel juga perlu untuk dibersihkan setiap hari ini tak terkecuali bak mandi. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan satu orang menyebarkan virus ke orang lain.

Perlengkapan Mandi dan Make Up

Pasta gigi, sabun cuci muka dan bahwa wadah make up adalah barang yang sering kali disentuh dan mungkin jarang untuk dibersihkan. Tanpa disadari ketika dirimu memegang pasta gigi virus dapat menempel pada tempat tersebut dan akan bertahan hingga berjam-jam bahkan berhari-hati. Maka taka da salahnya untuk tetap menjaga kebersihan dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Saat sedang membersihkan peralatan dan beberapa benda lainnya yang ada di rumah penting untuk menggunakan produk dan praktik yang tepat untuk membunuh bakteri dan virus di permukaan, tetapi ini juga bertujuan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran kuman disekitar rumah.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading