Kenapa Tubuh Gampang Capek Jelang Haid?

Endah Wijayanti24 Mar 2020, 13:56 WIB
nyeri punggung bawah

Fimela.com, Jakarta Setiap bulannya, jelang haid, kadang kita mengalami sejumlah hal tak nyaman pada tubuh kita. Yang paling sering terjadi adalah tubuh jadi terasa gampang capek. Tubuh yang mudah letih pun membuat aktivitas dan rutinitas kita terganggu.

Rasa lelah dan capek merupakan gejala umum PMS (premenstrual syndrome). Meski kadang cukup mengesalkan, tapi tubuh yang terasa gampang capek jelang haid masih terbilang normal. Lalu, apa sebenarnya penyebab tubuh gampang capek jelang haid?

Kurangnya Serotonin

Melansir healthline.com, rasa lelah sebelum haid berhubungan dengan kurangnya serotonin, senyawa dalam otak yang memengaruhi suasana hati kita. Jelang haid setiap bulannya, kadar serotonin kita bisa naik turun secara signifikan. Hal ini kemudian dapat memengaruhi kadar energi tubuh. Suasana hati pun bisa ikut terpengaruh.

Gangguan Tidur

Rasa gampang capek pun bisa dipengaruhi oleh gangguan tidur yang berhubungan dengan gejala PMS. Gejala PMS seperti perut kembung, kram perut, dan sakit kepala kerap membuat kita terjaga pada malam hari. Masalah dan gangguan tidur ini pun bisa membuat kita gampang capek. Selain itu, suhu tubuh kita cenderung meningkat sebelum haid sehingga kadang kondisi ini membuat kita sulit tidur.

 

Cara Mengatasi Masalah Gampang Capek

Yoga
Ilustrasi./copyright shutterstock

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah gampang capek jelang haid. Mulai dari membangun rutinitas atau jadwal tidur yang teratur, mengurangi konsumsi makanan bergula atau berpemanis, melakukan olahraga ringan, menjaga suhu kamar tetap sejuk, minum cukup air putih, dan mencoba teknik relaksasi seperti meditasi dan latihan pernapasan.

Tubuh yang gampang capek jelang haid merupakan hal yang wajar terjadi. Jaga kondisi tubuh dan pikiran dengan baik agar rasa capek bisa diminimalisir jelang haid.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓