Cara Membuat Bubur Kacang Merah yang Empuk

Endah Wijayanti25 Mar 2020, 09:04 WIB
bubur kacang merah

Fimela.com, Jakarta Bubur kacang merah yang empuk memang punya penikmatnya sendiri. Bubur yang satu ini pun cocok dijadikan menu sarapan. Dapat juga ditambahkan es batu untuk menikmati bubur kacang merah yang lebih segar.

Pembuatan bubur kacang merah sebenarnya cukup sederhana. Untuk menghasilkan bubur kacang merah yang empuk, satu hal penting yang perlu diingat adalah kacang merah tidak akan empuk jika awal perebusan sudah dicampur gula atau garam. Selengkapnya langsung saja simak langkah-langkah pembuatannya di sini.

Kacang Merah Direndam Semalaman

Kacang merah yang akan diolah menjadi bubur perlu direndam terlebih dahulu. Rendam semalaman agar ketika direbus bisa cepat empuk. Umumnya, kacang merah yang sudah direndam semalaman butuh waktu kurang lebih 40 menit dalam proses perebusan supaya empuk. Untuk membuat bubur dengan 100 gram kacang merah, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 blok gula merah ukuran sedang
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung beras

Larutkan Bahan Tepung dengan Air

Supaya tekstur bubur yang dihasilkan tidak bergerindil, bahan tepung yang digunakan perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Siapkan wadah, larutkan tepung maizena dan tepung beras dengan air secukupnya. Aduk sampai larut dan tercampur rata.

 

Gula, Garam, dan Tepung Dimasukkan pada Tahap Terakhir

Kacang Merah
Kacang Merah (sumber: iStock)

Rebus kacang merah selama kurang lebih 40 menit. Buang busa dan endapannya selama proses perebusan. Tusuk kacang merah untuk mencari tahu empuk tidaknya kacang. Setelah empuk, baru masukkan gula, garam, dan larutan tepung. Aduk terus dan masak dengan api sedang sampai mengental. Setelah mengental, angkat.

Untuk kuah santan, kita bias merebus 65 ml santan kental dengan 1 sdt garam, 200 ml air, dan 2 lembar daun yang diikat simpul. Sajikan bubur kacang merah dengan kuah santan. Perpaduan rasa manis bubur dan rasa gurih kuah santan akan menjadi kombinasi yang sempurna.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓