Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Membuat Stroberi Kering untuk Camilan Sehat

Fimela.com, Jakarta Stroberi kering sangat lezat jika dinikmati berasa dengan oatmeal dan sereal atau juga sebagai camilan sehat dan renyah. Buah beri ini memiliki warna yang tetap saat dikeringkan. Untuk dapat mengonsumsi buah stroberi tanpa harus menunggu musim panen, mungkin mengeringkan stroberi adalah salah satu cara untuk tetap menikmati buah ini. Berikut ini beberapa cara untuk membuat stroberi kering.

Cuci Buah Stroberi

Untuk membuat stroberi kering, hal pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan stroberi. Cuci buah stroberi dengan air dingin, bersih dan mengalir. Setelah itu tiriskan buah stroberi menggunakan wadah yang berongga. Jika stroberi sudah kering dari air, langkah selanjutnya pisahkan buah stroberi dengan gagang dan daun hijau dengan menggunakan ujung pisau kecil yang tajam, bilah menyudut dan potong melingkar. Sebagai alternatif, dapat juga menggunakan sedotan, dengan memasukkannya ke titik bawah dan kemudian mendorong dengan lembut dampai bagian atas hingga daun hijau lepas.

Potong Stroberi

Untuk mengeringkan stroberi, perlu dipotong menjadi irisan berukuran rata. Dengan menggunakan pisau tajam, potong stroberi baik melintang atau dari atas ke bawah. Potong stroberi dengan ukuran yang sama dengan yang lainnya. Ketebalan irisan antara 1/8- 1/5 inci.

Keringkan Buah Stroberi

Jika buah stroberi sudah terpotong semua, kini saatnya untuk mengeringkan buah stroberi. Tata irisan stroberi di loyang pengering, jangan sampai menumpuknya. Atur suhu pengering menjadi 57 derajat celcius. Ini akan memakan waktu selama 8-10 jam untuk mengeringkan buah stroberi. Jika ingin membuatnya lebih kering gunakan waktu selama 10- 14 jam. Pastikan potongan stroberi benar-benar kering saat disentuh.

Dinginkan Stroberi

Jika potongan stroberi sudah mongering sempurna, matikan pengering, buka dan biarkan stroberi dingin selama 20-30 menit. Setelah proses pendinginan, pisahkan salah satu potongan menjadi dua bagian. Simpan stroberi kering di dalam wadah dengan kedap udara. Simpan di tempat sejuk dan gelap.

Menyimpan Stroberi Kering

Bahkan saat setelah stroberi mengalami pengeringan dengan benar, masih ada sisa kelembaban dalam buah yang tidak dapat dirasakan. Ini seharussnya tidak cukup untuk mencegah buah dari diawetkan dengan aman dan bebas jamur. Tetapi dirimu akan memiliki produk yang lebih enak dan lebih baik jika melakukan apa yang disebut mengondisikan buah kering. Masukkan potongan buah kering dan dingin ke dalam stoples kaca, dengan mengisinya sekitar 2/3 penuh dan tutup stoples. Lalu simpan stroberi dalam suhu sejuk dan hindarkan dari cahaya matahari.

Nah, berikut tadi cara mengeringkan buah stroberi yang bisa di lakukan Sahabat Fimela di rumah. Stroberi kering dapat dinikmati untuk campuran sereal, oatmeal atau bahkan untuk camilan sehat.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading