Sukses

Lifestyle

3 Ekosistem Digital di Indonesia, Berdonasi Rp 3 Miliar untuk Bantu Perangi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Tak hanya pencegahan virus corona yang dilakukan banyak pihak, namun banyak donasi untuk membantu penanganan Covid-19 ini. Tokopedia, OVO, dan grab pun mendonasikan masing-masing Rp1 miliar (total Rp3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19.

Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran virus corona. Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis.

Bekerja sama dengan Benih Baik pimpinan Andy F. Noya, donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan BencanaRepublik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Bersama dengan BNPB RI dan berbagai mitra di industri, kami menyatukan suara, upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19.Salah satunya adalah dengan menyumbang dana sebesar Rp1 miliar dari Tokopedia dan membuka jalur donasi agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi," ujar Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Di sisi lain, ecommerce ini juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker mulut untuk TKI yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan namun cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan. Selain itu, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia.

#BersatuLawanCorona dan #KitaVSCorona

OVO mencanangkan program #BersatuLawanCorona yang menggarisbawahi komitmen untuk secara proaktif dan tanpa henti mencari cara-cara inovatif untuk meringankan dampak COVID-19 di seluruh lapisanmasyarakat. Serta meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM, yakni dengan membagikan 10.000 pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali.

"OVO telah melakukan sosialisasi kepada semua merchant untuk bersikap waspada dan terus menjaga kebersihan usai melakukan transaksi," papar Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO.

Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia menjelaskan, melalui gerakan #KitaVSCorona, Grab berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, memberdayakan serta membangun masyarakat yang tangguh dengan bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi.

Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung. "Dukungan menyeluruh juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesiadalam masa penuh tantangan ini," papar Neneng.

Doni Monardo selaku Kepala BNPB RI mengatakan dana tersebut dedikasikan untuk tim tenaga kesehatan yang telah menjadi bagian yang sangat strategis, sangat penting dalam penanganan Covid-19termasuk untuk memberikan bantuan logistik, bantuan obat-obatan kepada para dokter para perawat dan tenagakesehatan lainnya.

"Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal," ucapnya.

Selain menyalurkan dana bantuan, Tokopedia, OVO dan Grab juga segera membuka kanal penghimpunan donasi(crowdfunding) di platform masing-masing yang memungkinkan masyarakat ikut berkontribusi melawan COVID-19.Program ini juga bekerja sama dengan Benih Baik dan akan disalurkan untuk berbagai keperluan mendesak terkaitdampak pandemi COVID-19.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading