4 Cara Menghindari Sakit Punggung Saat Bekerja Dari Rumah

Fimela Editor02 Apr 2020, 15:00 WIB
Work From Home

Fimela.com, Jakarta Pemerintah menganjurkan untuk semua orang berjaga jarak dan juga kerja di rumah setelah mewabahnya virus corona di Indonesia. Hal ini dapat mengurangi penyebaran virus corona tersebut. Namun, bekerja dari rumah memiliki tantangan tersendiri.

Salah satu kelemahan kerja di rumah adalah beralihnya posisi kerja kamu yang dapat menyebabkan sakit punggung berkat perubahan tempat duduk dan postur. Beberapa orang mungkin akan merasakan nyeri di punggung bagian bawah.

Melansir dari thelist.com, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan sakit punggung saat bekerja dari rumah.

1. Mengganti posisi duduk saat bekerja

Terapis okupasi, Karen Jacobs mengatakan hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit punggung selama kerja di rumah adalah mengubah posisi duduk kamu beberapa jam sekali sepanjang hari. Menggunakan satu posisi terlalu lama dapat menyebabkan sakit punggung leher dan juga bahu. Mungkin kamu dapat berpindah dari duduk di meja dapur ke sofa ruang keluarga. 

Cegah nyeri punggung saat kerja di rumah dengan cara ini

Work From Home
Cegah bosan dan rasa kesepian saat WFH dengan cara ini. (Foto: Unsplash)

2. Menggunakan bantal

Bantal juga bisa membuat perubahan. Direkomendasikan untuk kamu meletakkan bantal tipis di bawah tempat duduk atau juga dapat menggunakan handuk lembut. Bantal atau handuk dapat membantu mengatasi sakit punggung bagian bawah saat diletakkan di antara punggung bawah dan kursi.

3. Mengatur posisi laptop

Penting untuk kamu memastikan laptop kamu berada di posisi yang tepat, dengan monitor tepat di bawah ketinggian mata. Meletakkan laptop di beberapa buku atau kotak sepatu dapat membawanya ke tingkat mata yang benar dan akan membantu menghindari ketegangan mata saat membaca. Pastikan untuk menurunkannya saat kamu ingin mengetik, karena lengan kamu harus ditekuk pada sudut 90 derajat saat mengetik.

4. Istirahat

Sangat penting untuk kamu agar tetap istirahat saat bekerja dari rumah. Kamu dapat mengatur timer agar mengingatkan untuk beristirahat tiga hingga lima menit setiap setengah jam. Kamu juga harus menjaga stamina kamu dengan melakukan olahraga ringan secara teratur untuk menghindari sakit punggung.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓