6 Rekomendasi Aktivitas di Rumah dari WHO Agar Tetap Bugar dan Sehat

Karla Farhana27 Mar 2020, 14:30 WIB
[Fimela] aktif di rumah

Fimela.com, Jakarta World Health Organization atau WHO menganjurkan masyarakat dunia untuk tetap berada di rumah untuk meredam penyebaran COVID-19 atau virus Corona. Di Indonesia sendiri, sebagian masyarakat telah memilih untuk berada di rumah saja selama dua minggu belakangan.

Namun, Working from Home (WFH) tidak semudah yang kamu bayangkan. Berbeda ketika kamu bekerja di kantor, suasana di rumah jauh berbeda sehingga memengaruhi produktivitas dan tingkat kefokusan saat bekerja. Selain itu, pasti ada rasa bosan yang tumbuh karena kamu jarang keluar rumah. 

Meski berada di rumah saja, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan untuk menghindar dari paparan kuman dan virus. Bukan cuma cuci tangan sesering mungkin, mencari aktivitas dan kesibukan di rumah juga penting agar tubuh tetap bugar dan sehat selama WFH. 

Bahkan, WHO melalui kampanye #healthyathome dan beactive mendorong masyarakat dunia untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. WHO juga merekomendasi untuk aktif selama 30 menit bagi orang dewasa, dan 1 jam untuk anak-anak per hari. Apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah?

1. Mengikuti Kelas Olahraga Online

[Fimela] olahraga di rumah
olahraga di rumah | pexels.com/@olly

Tidak perlu ke gym untuk berolahraga. Kamu bisa melakukannya di rumah menggunakan body weight saja. Bahkan olahraga di rumah bisa dilakukan bagi para pemula. Jika membutuhkan instruktur gratis, kamu bisa mengikuti berbagai kelas olahraga online di berbagai media sosial dan juga YouTube. 

2. Menari

Selain olahraga, kamu juga bisa menari bersama keluarga sembari mengikuti alunan musik yang kamu sukai. Jika ragu dan pengalaman ini sangat baru untukmu, kamu juga bisa mengikuti panduan dari kelas menari online, lho! 

3. Bermain Video Game

Tidak semua video game membuatmu duduk sepanjang hari. Pilihlah video game yang membuatmu aktif bergerak. Seperti Wii, misalnya. Atau, kamu juga bisa membuat permainan sendiri bersama keluarga di rumah, seperti permainan tradisional, atau bermain bola di pekarangan rumah. 

4. Lompat Tali/Skipping

[Fimela] skipping
skipping | pexels.com/@dom-j-7304

Kamu juga bisa bermain lompat tali bersama keluarga di rumah. Selain permainan ini baik untuk melatih otot tubuh, momen nostalgia bermain karet juga akan sangat menghibur. Atau, kamu juga bisa mencoba skipping rope yang akan membakar banyak kalori tubuh dan melatih kekuatan kaki selama kamu berada di rumah. 

5. Aktif Saat WFH

Kalau kamu berada di rumah dan harus bekerja di depan laptop atau komputer seharian, jangan lupa untuk beristirahat sejenak selama beberapa menit. Bangunlah dari kursi dan berjalan-jalanlah di sekitar rumah untuk menggerakkan ototmu. Selain itu, pastikan postur tubuhmu saat duduk tegak dan tidak membungkuk atau miring agar kesehatan tulang belakang tetap terjaga. 

6. Turun dan naik tangga

Jika kamu memiliki rumah bertingkat, cobalah untuk menuruni dan menaiki tangga dengan lebih sering. Hal ini bukan saja baik untuk otot kaki, tetapi juga bagian bawah tubuh seperti panggul, perut, betis, dan paha. Naik dan turun tangga juga bisa dihitung sebagai sesi olahraga yang lebih mengasyikkan dibandingkan dengan workout dengan gerakan yang monoton. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓