6 Tips untuk Tetap Nyaman dan Produktif saat Kerja dari Rumah

Endah Wijayanti27 Mar 2020, 14:15 WIB
berkarier 20an

ringkasan

  • Tetap Jalankan Rutinitas Harian
  • Ciptakan Tempat Kerja yang Nyaman tapi tidak Terlalu Nyaman
  • Tetapkan Deadline Harian
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Merebaknya virus COVID-19 membuat pemerintah Indonesia menghimbau agar perusahaan menerapkan work from home atau kerja dari rumah bagi para pegawainya. Hal ini ditujukan untuk memutus rantai penyebaran virus yang terus meningkat. Meski terdengar sederhana, namun ternyata work from home tidak semudah yang dibayangkan apalagi bagi mereka yang belum terbiasa.

Agar tetap produktif saat kerja dari rumah atau lebih dikenal dengan WFH, situs berhemat CupoNation memberikan tips penting yang perlu diperhatikan saat melakukan kewajiban kantor di rumah. 

1. Tetap Jalankan Rutinitas Harian

Bangun pagi, mandi, sarapan dan mulailah beraktivitas seperti biasa. Dengan menerapkan rutinitas harian meski tidak pergi ke kantor, ini akan membantu mood kamu untuk lebih semangat dalam bekerja. 

2. Ciptakan Tempat Kerja yang Nyaman tapi tidak Terlalu Nyaman

Agar tetap produktif saat WFH, carilah area di rumah kamu yang dapat diolah menjadi tempat kerja yang nyaman dan kondusif. Usahakan untuk tidak bekerja di atas tempat tidur atau sofa. 

3. Tetapkan Deadline Harian

Membuat deadline harian dapat membantumu untuk lebih mudah dalam menyelesaikan tugas kantor yang dikerjakan dirumah. Deadline juga dapat membantumu untuk lebih fokus dalam memprioritaskan pekerjaan. 

4. Makan Teratur dan Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Tips Sarapan
Ilustrasi./copyright shutterstock

Meski terlihat sepele, namun dengan memperhatikan jam makan dan rutin mengkonsumsi vitamin akan membantumu untuk memperkuat sistem imun tubuh agar tidak gampang sakit. 

5 Komunikasi Rutin dengan Teman Kerja

Jika kamu berkerja dalam tim atau grup, pastikan untuk selalu berkomunikasi secara rutin sama seperti jika kamu berada di kantor. Di zaman serba digital seperti sekarang, ada banyak cara mudah dan murah yang dapat dilakukan contohnya seperti melakukan panggilan atau video call. 

6. Tetap bergerak dan Berolahraga

Berdiam diri dirumah tanpa banyak beraktivitas akan sangat menjenuhkan. Oleh karena itu carilah udara segar seperti berjalan-jalan di pekarangan atau sekitaran area rumahmu. Bahkan, kamu tetap dapat melakukan olahraga tanpa harus pergi ketempat fitness, ada banyak sekali video YouTube yang dapat dijadikan panduan mudah untuk olahraga di rumah di mana hasilnya tidak kalah dengan jika kamu berolahraga di tempat fitness.

Itu dia beberapa tips yang dapat membantu kamu agar tetap produktif dan termotivasi untuk berkerja saat penerapan WFH. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya! 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓