Check COVID-19, Kini Konsultasi Kesehatan Tak Perlu Keluar Rumah

Karla Farhana01 Apr 2020, 07:30 WIB
[Fimela] ilustrasi telemedis

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang yang positif Corona mengeluarkan droplets ke permukaan benda, lantas akhirnya menular kepada orang lain, ada masa inkubasi selama 14 hari. Selama masa inkubasi ini, seseorang yang sudah tertular virus Corona atau COVID-19 mungkin tidak jatuh sakit. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh yang baik. 

Di masa inilah, mungkin Sahabat Fimela khawatir apakah sudah tertular virus Corona atau tidak. Pasalnya, kamu tidak bisa langsung pergi ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri. Untuk itu, sebaiknya kamu yang masih ragu atau hanya sekadar ingin mengetahui apakah ada indikasi COVID-19, kamu bisa melakukan konsultasi jarak jauh lewat layanan telemedis. 

Seperti Halodoc yang berkolaborasi dengan Blibli untuk menghadirkan layanan telemedis "Check COVID-19" di situs dan aplikasi Blibli. Lewat aplikasi ini, Sahabat Fimela bisa melakukan konsultasi kesehatan dan mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai COVID-19 tanpa harus keluar rumah. 

Kamu bisa menikmati fitur "Cek Kesehatan" yang tersedia di laman depan aplikasi dan situs Blibli. Nanti, kamu akan langsung terhubung dengan para dokter-dokter di Halodoc yang terpecaya. Selain itu, juga ada fitur "Kenali Gejala COVID-19" yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi mengenai gejala COVID-19 dari Halodoc. 

Meredam Penyebaran Virus Corona

[Fimela] dokter
ilustrasi dokter dan layanan telemedis | pexels.com/@olly

Selain memudahkan Sahabat Fimela, telemedis ini juga berguna untuk meredam penyebaran penyakit, terutama virus Corona. Telemedis juga membantu para dokter dan tenaga medis untuk lebih fokus menangani pasien COVID-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. 

Menurut Yolanda Nainggolan, Vice President of Public Relations Blibli mengungkapkan, semua pihak di Indonesia harus membantu menekan penyebaran pandemi virus Corona. Untuk itu, Blibli bekerja sama dengan Halodoc untuk menyediakan fitur telemedik untuk para pelanggannya agar bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus ke rumah sakit. 

“Kemunculan kasus-kasus terkait virus COVID-19 di Indonesia sangat memprihatinkan karena itu kita semua harus membantu menekan penyebaran pandemi ini. Sebagai platform digital, Blibli bekerja sama dengan Halodoc untuk menyediakan fitur telemedik agar para pelanggan bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus ke rumah sakit, dengan demikian mengurangi beban rumah sakit yang kini harus mengerahkan sumber daya pada kasus-kasus menengah hingga parah," jelasnya. 

Jika Sahabat Fimela membutuhkan tindakan lanjutan, dokter dari Halodoc nantinya akan merujukmu ke rumah sakit yang tepat. Jadi, jangan khawatir mengenai kualitas penanganan dan tindakan, ya! 

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓