Tips Mudah Mengurangi Konsumsi Kopi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati27 Mar 2020, 20:15 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Minum kopi sudah menjadi budaya dalam kehidupan masrarakat di Indonesia dan bahkan dunia. Mengonsumsi kopi dipercaya dapat mengembalikan energi yang mungkin berkurang saat kita bekerja. Namun, terlalu banyak kopi juga tidak baik untuk kesahatan tubuh. Mengurangi konsumsi kopi mungkin bisa dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini tips untuk mengurangi konumsi kopi setiap hari.

Mengganti Kopi dengan Minuman Menyegarkan Lainnya

Minuman seperti jus, air kelapa, atau mungkin infuse water pilihan yang bagus dan hampir semuanya akan memberikanmu energi tambahan tanpa kafein. Jika musim penghujan, minum secangkir teh mungkin bisa dilakukan, meskipun teh mengandung kafein, namun ini tidak sebanyak seperti kopi. Atau mungkin dapat memilih teh yang tidak mengandung kafein. Sebelum membelinya dapat memriksa kandungan kafein pada label kemasan.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Ketika ingin mengurangi konsumsi kopi, ada baiknya untuk memperbanyak asupan air putih. Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di sisi lain tubuh juga butuh untuk terhidrasi. Katika tubuh terhidrasi, maka ini data membantumu tidak merasa lapar ketika dirimu benar-benar haus dan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Temukan Alternatif Kopi

Mengurangi kopi bisa membuat alternatif minuman lainnya misalnya, cokelat panas atau green tea. Cokelat yang dipercaya dapat membuat seseorang merasa lebih rileks dan merasa bahagia mungkin bisa juga dicoba. Selain coklat green tea bisa menjadi minuman pengganti kopi yang bisa dinikmati saat sedang bersantai atau bekerja.

Tidak Mengonsumsi Secara Rutin

kopi cappucino
ilustrasi kopi cappucino/copyright by Pixabay

Ketika ingin mengurangi konsumsi kopi, namun dirimu mungkin merasa kesulitan. Alternatif yang dapat dicoba dengan memberikan jangka waktu mengonsumsi kopi. Misalnya dalam satu minggu dapat mengonsumsi kopi sebanyak 2 kali. Karena mungkin bagi sebagian orang tidak bisa terlepas dari kopi. Lakukan ini secara rutin, dan perlahan kurangi intensitas mengonsumsi kopi, maka dirimu akan terbiasa. 

Tidur Siang

Dua hari tanpa konsumsi kopi adalah hal yang menarik. Sebagian orang mungkin akan merasa mengantuk saat kekurangan konsumsi kopi. Saat merasa mengantuk tak ada salahnya untuk melakukan tidur siang. Kafein mungkin dapat memberikan energi bagi siapa saja yang mengonsumsinya, namun ketika tidak mengonsumsi kopi badan tidak berenergi, sebaiknya tambah energimu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Menggerakkan Anggota Tubuh

Alih-alih bangun tidur dan langsung menuju teko kopi mungkin bisa diganti dengan mengonsumsi air putih saat setelah bangun tidur. Ini juga dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Selain itu melakukan olahraga ringan dapat dilakukan untuk mengalihkan perhatian minum kopi di pagi hari. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan.

Mungkin sebagian orang berkata jika kafein cukup baik untuk kesehatan tubuh. Dan sebagian dari mereka juga mengatakan kalau tidak mengonsumsi kafein sangat baik untuk kesehatan. Namun, baik atau tidak sebenarnya kembali lagi pada orang yang mengonsumsi. Jika mengonsumsinya tidak lebih dari batas yang dianjurkan mungkin masih aman untuk kesehatan tubuh.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓