WFH, 5 Langkah Kerja di Rumah dengan Nyaman

Karla Farhana01 Apr 2020, 08:30 WIB
[Fimela] WFH

Fimela.com, Jakarta Work from Home atau WFH tidak pernah lebih mudah ketimbang bekerja di gedung kantor perusahaan. Mungkin, WFH terdengar lebih sederhana dan kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk bersantai sejenak sambil bekerja. 

Padahal, ada begitu banyak hal yang bikin kamu tidak begitu nyaman. Waktu bekerja di rumah kerap kali terganggu dan terdistraksi oleh banyak hal. Seperti pekerjaan rumah, anggota keluarga lainnya, atau juga pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. 

Banyak orang yang justru tidak bisa membagi waktu dengan baik saat WFH. Untuk itu, Hp Inc memberikan 5 tips agar kamu bisa WFH dengan nyaman, dan tugas kantor pun segera terselesaikan. 

1. Atur ruang kerja

[Fimela] ruang kerja
ilustrasi ruang kerja | pexels.com/@bongkarn-thanyakij-683719

Jangan hanya duduk di tempat tidur untuk membuka laptop dan bekerja. Cobalah mencari lokasi atau sudut yang strategis sebagai area kerjamu. Sahabat Fimela sebaiknya memilih lokasi yang mendapat sinar matahari, tidak terlalu sempit, dan dekat dengan sumber listrik untuk memudahkanmu bekerja. 

2. Buat jadwal 

 

Meski bekerja di rumah, Sahabat Fimela juga tetap harus mengatur dan membuat jadwal kerja. Sehingga, kamu tidak akan menunda pekerjaan karena berbagai gangguan di rumah. Juga, tetapkanlah jam kerja di rumah untuk membantumu fokus selagi memerhatikan kapan harus beristirahat di sela-sela pekerjaan. 

3. Jangan lupa istirahat

Jangan terlalu memaksakan dirimu untuk terus bekerja hingga lupa beristirahat. Gunakan waktu untuk makan siang, sembari beristirahat dan berbincang bersama keluarga atau kolega melalui telepon. 

4. Jalin komunikasi yang baik dengan tim

[Fimela] komunikasi
jalin komunikasi | pexels.com/@picjumbo-com-55570

Bekerja jarak jauh memang tidak semudah mengatur pekerjaan saat kamu bertatap muka dengan para kolega. Namun, selama WFH berlangsung, kamu tetap harus menjaga komunikasi dengan teman-teman satu tim. Kamu bisa memanfaatkan Microsoft Teams atau perangkat lunak kolaborasi lainnya yang bisa menjalin komunikasi virtual dengan kolega. 

5. Bersosialisasi

Meskipun kamu jauh dari anggota tim lainnya, kamu harus tetap menjalin hubungan baik. Tanamkan pola pikir positif yang akan membantumu menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja kali ini. Jangan lupa untuk bersosialisasi sekalipun harus melalui jarak jauh. 

Selamat bekerja di rumah!

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓