Cara Membuat Martabak Manis yang Empuk dan Bersarang

Endah Wijayanti28 Mar 2020, 15:15 WIB
martabak manis teflon

Fimela.com, Jakarta Ingin coba membuat martabak manis sendiri di rumah tapi khawatir tidak mendapatkan tekstur yang diinginkan? Tenang saja, dengan tujuh bahan kita bisa membuat martabak manis yang empuk dan bersarang. Bahkan kita bisa menggunakan teflon sederhana untuk membuatnya.

Proses pembuatan adonan perlu mengikuti langkah-langkah yang tepat. Sebelumnya, siapkan dulu bahan-bahannya berikut ini.

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 2 sdm gula pasir

Gunakan Mixer dengan Kecepatan Rendah

Kecuali baking soda, campur semua bahan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Sebenarnya kita bisa mengaduknya dengan spatula atau whisk biasa tapi akan butuh waktu agak lama untuk memastikan semua bahan tercampur rata.

Diamkan Adonan selama Satu Jam

Adonan yang sudah tercampur rata didiamkan selama 45-60 menit. Tutup baskom dengan serbet bersih selama proses mendiamkan adonan.

Masukkan Baking Soda

baking soda
Baking soda./Copyright shutterstock.com

Setelah adonan didiamkan, masukkan baking soda. Aduk rata. Sementara itu, panaskan teflon dengan api kecil. Teflon harus sudah dalam keadaan benar-benar panas saat adonan dimasukkan. Teflon yang sudah panas ditandai dengan bunyi desis pelan saat ditetesi air dan air tampak "menari-nari".

Masak Hingga Muncul Banyak Lubang

Tuang adonan ke teflon. Tunggu sampai muncul banyak lubang. Setelah dipastikan adonan sudah tidak dalam keadaan basah lagi, tutup teflon. Di sini akan muncul sarang yang cantik. Masak hingga adonan sudah matang merata. Kita bisa menaburinya dengan gula pasir, kacang, cokelat meses, atau keju sesuai selera.

Cukup mudah bukan membuat martabak manis yang empuk dan bersarang? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓