Cara Membuat Kue Pancong yang Tidak Enek

Endah Wijayanti30 Mar 2020, 07:45 WIB
resep kue bandros

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati kue bandros atau kue pancong yang rasanya bikin enek? Kue pancong terkenal dengan rasanya yang dominan gurih. Hanya saja bila pemilihan bahannya dan cara pembuatannya kurang tepat, kue pancong akan terasa enek.

Supaya tidak enek, ada beberapa hal dan langkah pembuatan yang perlu diperhatikan. Selengkapnya, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Gunakan Santan Segar

Kita bisa saja menggunakan santan kelapa instan. Namun, jika ingin mendapatkan rasa gurih yang pas, lebih baik gunakan santan kelapa segar dari buah kelapa yang baru diparut dan diperas. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • 450 ml santan kelapa
  • 140 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 150 gram kelapa setengah tua, diparut kasar

Santan Kelapa Dihangatkan

Siapkan panci, lalu hangatkan santan kelapa dengan api kecil sampai hangat suam-suam kuku. Lalu, sisihkan sebentar.

Tuang Santan Kelapa Sedikit demi Sedikit

menyimpan santan kelapa
Santan kelapa./Copyright shutterstock.com

Siapkan wadah. Campurkan tepung beras, tapioka, dan kelapa. Aduk rata. Setelah itu, tuang santan kelapa sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak bergerindil. Adonan siap dipanggang di cetakan.

Taburi dengan Gula Pasir

Panaskan cetakan kue. Olesi dengan minyak. Tuang adonan hingga 3/4 bagian cetakan. Lalu, tutup. Saat sudah setengah matang, taburi dengan gula pasir. Panggang sampai kue matang merata. Kue pancong dengan cita rasa gurih dan manis siap dinikmati.

Tertarik untuk langsung mencoba membuat kue pancong sendiri di rumah? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓