Tips Menumbuhkan Hubungan Bersama Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati28 Mar 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Mar 2020, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Pertumbuhan dalam suatu hubungan bukanlah sesuatu yang dapat dengan mudah dicapai. Itu adalah hasil kerja keras, kesabaran dan komitmen sejati. Bukan hanya bahagia dan tetap bersama. Suatu hubungan dapat tumbuh jika orang-orang di dalanya belajar bagaimana bekerja bersama, saling menjaga, dan terutama menghargai diri mereka sendiri.

Paling sering daripada tidak, banyak hubungan gagal karena mereka menjadi membosankan dan stagnan. Untuk mencegah hal seperti itu dalam hubunganmu sendiri, mungkin harus belajar cara meningkatkan diri terlebih dahulu. Dengan kata lain, dirimu harus menemukan cara menjadi orang yang lebih baik bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga hubunganmu. Karena dengan begitu dirimu bahagia dengan sendirinya dan menjadi partner yang lebih baik bagi pasanganmu. Berikut ini beberapa cara yang menginsiprasi untuk membuat cinta dan hubunganmu tumbuh.

Saling Mendorong Satu Sama Lain Mencoba Hal Baru

Adakah sesuatu yang pasanganmu ingin lakukan tetapi mereka terlalu ragu untuk memulai? Dorong mereka untuk mencobanya atau jika dirimu bisa melakukannya bersama mengapa tidak dicoba? Jangan takut untuk menemukan kembali dirimu melihat perbedaan besar setelah merangkul pengalaman baru ini bersama-sama.

Bertemu Orang Baru

Jangan berhenti dari bertemu orang dan mencari teman baru hanya karena dirimu sedang menjalin hubungan. Ingin memperluas jaringan dirimu tidak berarti tidak bahagia dan puas dengan pasanganmu saja. Berbicara dengan orang lain dan membangun hubungan diperlakukan untuk pertumbuhan pribadi.

Belajar dari Kesalahan Masa Lalu

Tidak mudah untuk mengubah diri sendiri, tetapi bisa membantu untuk merenungkan kesalahan masa lalumu. Pikirkan mengapa itu tidak berhasil sebelumya dan berhentu mengulangi kesalahan yang sama. Hentikan dirimu ketika akan melakukan kesalahan yang sama lagi dan ingatkan dirimu sepanjang waktu bahwa dirimu lebih baik dari ini. 

Dengarkan Pendapat Orang Lain

Dirimu tidak perlu mengikuti ide-ide orang lain tetapi selalu disarankan untuk mendapatkan pendapat mereka tentang hal-hal tertentu.Dirimu tidak perlu mengikuti ide-ide orang lain tetapi selalu disarankan untuk mendapatkan pendapat mereka tentang hal-hal tertentu. Bersikap terbuka terhadap perpektif orang lain dapat membantumu memahami bagaimana dirimu dapat menghadapi kesulitan dalam kehidupan pribadimu dan bahkan dalam hubunganmu. Terkadang dirimu menjadi fokus pada duniamu sendiri sehingga tidak memperhatikan alternatifnya. Ingat dirimu tidak perlu melakukan dan memikirkan semuanya sendiri setiap hari.

Coba Hobi Baru Bersama

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Melakukan aktivitas bersama  tidak hanya memperkuat hubunganmu. Tetapi juga meningkatkan pertumbuhan individu. Menghabiskan waktu bersama memperkuat ikatan dan memberimu kesempatan untuk mengenal pasanganmu dengan lebih baik.

Bepergian Bersama

Mereka mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk belajar tentang seseorang adalah dengan bepergian bersama. Dengan bepergian bersama, dirimu tahu bagaimana masing-masing berurusan dengan hal-hal yang melibatkan orang lain, bagaimana dirimu memperlakukan satu sama lain ketika menghadapi situasi yang penuh tekanan dan bagamana dirimu saling menjaga. Ini adalah cara yang baik untuk menantang hubunganmu karena jika dirimu pulang ke rumah dengan bahagia dan puas, itu berarti dirimu melakukan pekerjaan yang hebat dengan saling menjaga.

Terbuka untuk Peluang Baru

Memiliki pikiran terbuka adalah penting terutama bagi pasangan baru karena ini adalah saat penemuan diri. Terima fakta bahwa dirimu tidak akan selalu setuju dengan keputusan masing-masing dan bahwa idemu tidak selalu yang terbaik. Jangan takut untuk membuka pintu baru karena mereka mungkin mengarah ke masa depan yang lebih baik.

Jangan Takut Akan Perubahan

Perubahan tidak selalu buruk selama itu menjadi baik. Jika dirimu berpikir bahwa moodymu secara negatif memengaruhi hubunganmu, tidakkah dirimu berpikir perlu untuk berubah? Jika dirimu tidak dapat berubah secara drastis, bisa melakukan beberapa penyesuaian dan belajar perlahan. 

Bagikan Ide Satu Sama Lain

Memiliki seseorang yang selalu bisa diajak bicara adalah kesempatan belajar ung baik dan berbagi pengetahuan. Biasakan untuk melakukan percakapan dengan pasanganmu. Bicara tentang minat, pengalaman, tujuan dan mungkin pendapat tentang topik terntu. Tujuannya di sini adalah untuk bertukar ide.

Sebelum memasuki suatu hubungan, dirimu harus yakin bahwa siap untuk berada di dalamnya. Dirimu harus berkomitmen pada pembelajaran. Sesuaikan situasi yang mungkin dirimu tidak suka, beradaptasi dengan perubahan dan menerima kekurangan.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓