AS Bakal Uji Alat Tes yang Bisa Deteksi Virus Corona dalam 5 Menit

Novi Nadya28 Mar 2020, 17:00 WIB
virus corona

Fimela.com, Jakarta Amerika Serikat kewalahan menyuplai alat tes deteksi virus corona atau Covid-19 saat outbreak di beberapa rumah sakit negara bagian. Rumah sakit menjadi garda utama orang-orang yang merasakan gejala namun kesulitan mendapatkan tes karena keterbatasan pengujian.

Kabar terbaru, Amerika memiliki alat tes uji virus corona portable yang bisa mendeteksi seseorang positif Covid-19 dalam waktu lima menit saja dari perusahaan kesehatan yang berbasis di AS Abbott Laboratories. Laboratorium yang membuat perangkat medis ini berencana memasok 50.000 alat tes sehati mulai 1 April 2020.

"Ini benar-benar akan memberi peluang luar biasa bagi anggota medis yang berada di garis depan dalam melawan virus corona Covid-19. Mereka harus mendiagnosis banyak infeksi, jadi membutuhkan alat yang cepat," ujar Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan di Abbott Diagnostics John Frels melansir dari Bloomberg, Sabtu (28/3).

Kelebihan lain alat ini adalah ukuran kecil dan portable yang dapat digunakan di mana saja. Namun pengujian alat tes pertama akan dikirim ke tempat paling membutuhkan, yaitu IGD rumah sakit, klinik, dan kantor dokter.

 

 

Teknologi dan Cara Kerja

Abbott luncurkan alat tes virus corona
Abbott luncurkan alat tes virus corona yang bisa deteksi dalam lima menit (Instagram @abbottglobal)

Alat tes cepat ini memiliki teknologi yang dikembangan di atas platform ID Now Abbott yang berbasis di Illinois. Alat tersebut biasanya digunakan untuk mendeteksi influenza, radang tenggorokan, dan virus lainnya, namun kali ini  dirancang untuk dapat mencari fragmen genom virus corona. 

Mekanisme tes dimulai dengan mengambil sampel swab dari hidung atau belakang tenggorokan. Kemudian mencampurna dengan larutan kimia yang memecah virus dan melepaskan RNA-nya.

Campuran dimasukkan ke dalam sistem ID Now, untuk diidentifikasi dan dicocokkan dengan genom virus corona. Alat tersebut memiliki teknologi yang mampu memisahkan kontaminasi dengan genom virus lainnya.

Simak video berikut

Lanjutkan Membaca ↓