Intip 4 Cara Membuat Makanan Kaleng Terasa Lebih Enak

Fimela Editor05 Apr 2020, 15:00 WIB
[Fimela] makanan kaleng

Fimela.com, Jakarta Makanan kaleng adalah penyelamat saat kamu sedang mencoba menghemat waktu dan uang di malam hari atau membuat makanan lain dari barang-barang yang disimpan di dapur sambil menunggu pandemi berakhir.

Ketika semua orang mempraktikkan jarak sosial dan lebih banyak kota dan negara bagian menerapkan jam malam dan jam tutup untuk membantu meratakan kurva kasus COVID-19, makanan kaleng menjadi komponen yang semakin sentral untukmu.

Tentu saja, sehebat apa pun makanan kaleng tidak akan unggul rasanya dibandingkan hidangan lain. Sementara orang-orang sudah memasak dengan makanan kaleng, kamu mungkin merasa kesulitan untuk mendapatkan ide-ide segar dalam mengkreasikannya agar rasanya tidak kalah enak dengan makanan di luar sana.

Melansir dari self.com, berikut cara memanfaatkan makanan kaleng sebaik-baiknya agar terasa lebih enak, lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan istimewa.

1. Taburan Renyah

[Fimela] makanan kaleng
makanan kaleng | pexels.com/@daria

Menyelesaikan hidangan dengan sedikit crunch adalah cara mudah untuk membuat variasi tekstur memuaskan yang sering hilang dari makanan kaleng.

"Hal yang sangat baik untuk menambahkan tekstur secara umum adalah topping remah roti yang renyah," tutur Lola Milne, penulis Take One Can: 80 Delicious Meals From the Pantry.

Kamu dapat menggunakan remah roti premade sebagai alternatif. Jika kamu ingin sentuhan yang sedikit mewah, Milne merekomendasikan untuk mengiris remah roti dalam wajan selama beberapa menit dengan sedikit minyak zaitun dan beberapa bawang putih serta rempah-rempah segar atau kering.

Selain itu, Lindsay Livingston, R.D., pencipta The Lean Green Bean, juga merekomendasikan kamu untuk menaburkan casserole dengan keripik kentang yang dihancurkan. Pretzel atau cracker juga bisa kamu gunakan.

2. Panggang Kacang Kemasan Kaleng

[FImela] ilustrasi makanan kaleng
ilustrasi makanan kaleng | pexels.com/@mash-babkova-1589136

Kamu mungkin sudah pernah mendengar buncis panggang untuk camilan atau salad tetapu sebenarnya, kacang kaleng dalam bentuk apa pun akan terasa lebih lezat jika dipanggang beberapa menit di dalam oven.

"Dengan memanggang kacang kaleng akan membuat mereka terasa lebih renyah," tutur Milne. Kacang renyah lebih enak untuk dicampur dengan pasta, semangkuk oat, atau sayuran panggang.

Kamu dapat mengikuti resep sederhana untuk kacang buncis panggang menggunakan kacang apa pun yang dimiliki, dengan cara, tiriskan, bilas, keringkan, aduk dengan sedikit minyak dan bumbu yang disukai, lalu oleskan secara merata di atas loyang, dan panggang dengan suhu 350 derajat Fahrenheit.

3. Gunakan hiasan acar

Tambahkan sauerkraut ke dalam hidangan makanan kalengmu. “Ini adalah cara untuk dengan mudah menambahkan kerenyahan ke berbagai hal seperti kacang dan polong atau ikan kaleng untuk memberikan kesegaran,” jelas Milne.

Milne juga suka menggunakan caper dan acar, serta penyedap rasa serbaguna yang biasa ditemukan di dapur. Kimchi adalah pilihan enak lainnya. Jika memiliki bawang merah, kamu dapat dengan mudah membuatnya sendiri.

4. Goreng sayuran kering

Sayuran kalengan dan kacang polong akan terasa sangat lezat saat kamu mencampurnya dengan telur dan tepung. Salah satu resep makanan kaleng favorit Milne sepanjang masa adalah gorengan jagung.

"Kamu dapat membumbui sebagian jagung dalam food processor dan mencampurnya dengan tepung, telur, dan bumbu apa pun yang ada, misalnya kari, ketumbar, atau adas. Lalu masukkan ke dalam wajan," jelasnya.

#ChangeMaker

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

Lanjutkan Membaca ↓