Hindari Panic Buying, Ini 7 Daftar Makanan yang Wajib Kamu Siapkan Selama Social Distancing

Imelda Rahma30 Mar 2020, 13:15 WIB
Daftar Buah Untuk Social Distancing

Fimela.com, Jakarta Social distancing kini sudah tidak bisa ditawar lagi, semua orang wajib untuk melakukannya. Hal ini tentu didasarkan dari perkembangan pandemi Covid-19 yang terus mewabah, bahkan jumlah korban terinfeksi di Indonesia sudah mencapai angka seribu. Puncak wabah Covid-19 sendiri diperkirakan akan terjadi pada bulan April dan momen menjelang Ramadhan.

Walaupun pada awalnya social distancing ditanggapi secara longgar oleh sebagian besar masyarakat, kini justru banyak inisiatif hadir dari daerah-daerah untuk mewajibkannya bahkan melakukan lockdown. Situasi tersebut membuat semua orang berbondong-bondong datang ke pusat perbelanjaan dan toko swalayan untuk berbelanja keperluan selama menjalani social distancing.

Makanan menjadi barang utama yang wajib disiapkan untuk menghadapi social distancing. Tidak heran, orang-orang ramai berbelanja dan menyetok banyak bahan makanan. Sayangnya, tindakan ini selalu diiringi dengan ‘Panic Buying’ yang membuat orang membeli barang bukan karena kebutuhan melainkan karena merasa panik.

Panic buying tentu bukanlah tindakan bijak dalam menghadapi social distancing, selain dapat merugikan diri sendiri, juga dapat merugikan orang lain. Alangkah baiknya jika kita memiliki prioritas dalam berbelanja sehingga kita tidak menjadi boros dan berbelanja sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, Fimela.com akan membagikan rekomendasi 7 daftar makanan yang wajib kamu siapkan selama social distancing. Rekomendasi daftar makanan ini akan membantu kamu agar tidak mengalami panic buying. Berikut rekomendasi daftar makanannya.

Telur

Ilustrasi Telur
Ilustrasi Telur Credit: pexels.com/pixabay

Daftar makanan yang wajib kamu siapkan selama social distancing yang pertama ialah telur. Selain merupakan bahan makanan yang sehat, telur juga bisa kamu olah untuk dijadikan berbagai macam masakan. Selain itu, telur juga tahan lama sehingga cocok untuk jadi stok makanan didalam kulkas.

Selama social distancing kamu bisa mendapatkan asupan protein dan lemak dari telur. Ingat, walaupun kita sedang menjalani social distancing, asupan gizi didalam tubuh perlu dijaga, salah satunya dengan mengkonsumsi telur.

Sayur-sayuran

Ilustrasi Sayur-sayuran
Ilustrasi sayur-sayuran Credit: pexels.com/EllaOlsson

Selanjutnya, selama social distancing berlangsung, daftar makanan yang wajib kamu siapkan selanjutnya ialah sayur-sayuran. Sebenarnya mengkonsumsi sayur-sayuran akan selalu menjadi kewajiban, tidak hanya dikala social distancing karena mengkonsumsinya merupakan salah satu gaya hidup sehat.

Sayur-sayuran bisa kamu dapatkan dengan mudah di pusat berbelanjaan serta swalayan terdekat. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai macam sayuran untuk dijadikan masakan yang lezat.

Sama seperti telur, sayuran memiliki banyak asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh kita. Ada banyak vitamin, protein, serta nutrisi lainnya yang terkandung dalam sayuran. Beberapa rekomendasi sayuran yang bisa kamu jadikan stok diantaranya, wortel, bayam, kangkung, brokoli, kubis, dan lain-lain.

Buah-buahan

Ilustrasi Buah-buahan
Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/TrangDoan

Setelah kamu membeli banyak sayuran, daftar makanan yang wajib kamu siapkan selanjutnya ialah buah-buahan. Sama seperti sayuran, mengkonsumsi buah sejatinya bukanlah pilihan melainkan kewajiban untuk tubuh kita agar tetap sehat. Buah memiliki banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Kamu bisa mendapatkan buah-buahan dengan mudah di took buah maupun swalayan dengan harga yang terjangkau. Buah-buahan ini bisa kamu konsumsi secara langsung ataupun kamu olah dahulu seperti salad buah atau jus.

Menyetok buah-buahan didalam kulkas merupakan pilihan terbaik karena setiap buah memiliki kandungan gizinya masing-masing dan beragam. Beberapa buah memiliki anti-oksidan yang baik untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas atau beberapa penyakit tertentu.

Mi Instan

Ilustrasi Mi Instan
Ilustrasi Mie Instan Credit: pexels.com/Tnguyen

Mi instan bisa menjadi salah satu daftar makanan wajib yang bisa kamu siapkan selama social distancing. Selain cara membuatnya yang praktis dan mudah, mi instan kini memiliki beragam rasa dan varian untuk kamu coba.

Tetapi satu hal yang perlu diingat ya, kamu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan atau dalam jangkan Panjang karena tidak baik untuk pencernaan. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai selingan ketika kamu bosan dengan makanan lainnya atau saat kamu kehabisa stok makanan, mi bisa menjadi penolong pertama.

Makanan Kaleng

Ilustrasi Makanan Kaleng
Ilustrasi Makanan Kaleng Credit: pexels.com/EdwinJoseVega

Orang-orang biasanya melupakan jenis makanan yang satu ini, apalagi kalua bukan makanan kaleng. Percaya atau tidak, makanan kaleng ini perlu menjadi daftar makanan yang wajib kamu siapkan karena ia tahan lama.

Selain tahan lama, makanan kaleng juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai sajian lezat dan bergizi. Beberapa makanan kaleng yang direkomendasikan seperti, ikan kaleng sarden dan juga daging sapi kaleng.

Makanan Beku

Ilustrasi Makanan Beku
Ilustrasi Frozen Food: Credit: Liputan6.com

Frozen food atau makanan beku sudah pasti tidak boleh terlewatkan dalam daftar makanan wajib yang perlu kamu siapkan selama social distancing. Beberapa makanan beku yang sering dibeli yakni, nugget, sosis, dan juga kentang bisa menjadi penyelamat untuk kamu.

Selain tahan lama, makanan beku sangat mudah diolah, kamu bisa langsung menggorengnya ataupun mengolahnya dengan bahan makanan lain. Selain itu, makanan beku biasanya memiliki cita rasa universal yang disukai oleh siapa saja.

Snack

Ilustrasi Snack
Ilustrasi Snack Credit: pexels.com/CraigAdderley

Selama menjalani social distancing pasti kamu merasa mudah bosan, beberapa orang bahkan mengalami kenaikan nafsu makan selama berdiam diri dirumah. Apabila kamu merasakan hal yang sama, snack bisa menjadi solusinya. Sebagai cemilan, snack bisa menemani berbagai aktivitas kamu dirumah.

Maka dari itu, rekomendasi terakhir untuk daftar makanan yang wajib kamu siapkan adalah snack. Kamu bisa membelinya dengan jumlah banyak untuk persediaan dengan mudah. Ada berbagai macam jenis snack, kamu bisa memilih sesuai seleramu.

Lanjutkan Membaca ↓