Perubahan Harian Sederhana yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mental

Annissa Wulan07 Apr 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi orang bahagia

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang kesehatan mental, saat ini mungkin adalah waktu yang paling tepat. Masyarakat di seluruh dunia sedang dihadapkan pada krisis kesehatan, yaitu pandemi virus Corona.

Banyaknya berita yang kurang tepat atau hoax pasti mempengaruhi kesehatan mental banyak orang, apa kamu salah satunya? Jangan khawatir, dilansir dari sheknows.com, Kamis (2/4/2020), berikut ini adalah beberapa perubahan harian sederhana yang bisa membantumu menjaga kesehatan mental saat ini.

l

1. Memulai hari dengan catatan positif

Salah satu kunci untuk memulai hari dengan baik dan menjaga kesehatan mental sepanjang hari adalah dengan mempertahankan rutinitas yang positif. Jangan langsung mengambil ponsel dan berkutat dengan semua pemberitahuan yang muncul, beri waktu untuk dirimu sendiri menikmati pagi dengan lebih santai.

2. Membawa barang yang bisa menghilangkan stres

Bawalah sesuatu yang bisa menghilangkan stres selalu dekat denganmu, seperti di meja kerja, misalnya. Ini adalah salah satu cara untuk menjadi lebih rileks, menjaga kesehatan mental ketika harimu terasa panjang dan melelahkan.

 

 

3. Beristirahat

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Istirahat sangat penting bagi kesehatan mental seseorang. Ambil waktu untuk tidak melihat layar komputer, laptop, atau ponsel, keluarlah, dan cari udara segar.

Cara ini dapat mengembalikan konsentrasi dan suasana hati secara keseluruhan. Jika waktumu tidak banyak, setidaknya berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah.

4. Latihan kesadaran selama 15 dalam sehari

Bagilah menjadi tiga kali kesempatan dalam sehari, jadi lakukan selama 5 menit di pagi, siang, kemudian malam hari. Gunakan waktu ini untuk mengumpulkan niat di pagi hari, mengatur ulang pikiran di siang hari, dan menenangkan pikiran di malam hari.

5. Membuat rutinitas sebelum tidur

Ilustrasi orang bahagia
Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/Gian Cescon.

Tidur yang berkualitas dapat sangat membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Namun untuk membuat aktivitas tidurmu menjadi lebih berkualitas, penting untuk membuat rutinitas sebelum tidur.

Seperti mencuci muka, meletakkan ponsel, dan mematikan lampu di malam hari. Rutinitas sederhana seperti ini dapat membuatmu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓