Tetap Mencintai Diri dengan Berkarier dan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Endah Wijayanti31 Mar 2020, 10:15 WIB
bekerja untuk pengalaman

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Di antara kita ada yang harus melewati banyak hal berat dalam hidup sampai rasanya sudah tak punya harapan apa-apa lagi. Namun, dengan kembali mencintai diri sendiri dan membenahi diri, cahaya baru dalam hidup akan kembali bersinar. Melalui salah satu tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba My Self-Love Story: Caramu untuk Mencintai Diri ini kita akan memetik sebuah inspirasi baru yang dapat mencerahkan kembali hidup kita.

***

Oleh: Mawar Tiany

Self love-ku adalah perjuanganku. Ya, bagiku rasa untuk mencintai diri sendiri tidak datang begitu saja. Lahir dengan wajah pas-pasan, kekurangan di bagian tubuh, lahir di keluarga sederhana yang punya banyak adik membuatku minder saat itu. Yang selalu berujung dengan pertanyaan kenapa aku tidak secantik si A, kenapa orangtuaku hanya buruh kecil bukan seperti si B yang pengusaha. 

Pada akhirnya rasa lelah yang terus menghantui, mulai beranjak dewasa bisa lebih berpikir bahwa aku harus fokus terhadap diriku, berkembang sebaik mungkin untuk bisa menjadi seperti yang aku inginkan. Aku belajar mati-matian untuk bisa Juara kelas, mengincar PTN untuk bisa meraih impian dan bisa dapatkan pekerjaan impian. Aku terus tantang diriku untuk lebih maju.

Mencintai Diri Sendiri

ibu kerja di rumah
Ilustrasi./Copyright pexels.com/Linkedin Sales Navigator

Perlahan tapi pasti, aku bisa mulai mencintai diriku sendiri, bahwa tidak perlu fokus ke orang yang tidak ada gunanya. Walau masih proses dan tantangan selalu ada. Sekarang aku menjalani dua peran, sebagai ibu rumah tangga dan wanita karier. Bukan egois, aku tetap bekerja dan menitipkan anak ke orangtua, tapi kebutuhan ekonomi keluarga dan aku happy dengan pekerjaanku yang bisa membangun dan memperkuat mental, karakter, dan juga kepribadianku juga aktualisasi kan diri lewat pekerjaan. 

Aku yakin, selama itu positif dan sekeliling aku bisa support, pasti akan sampai ke tujuan dengan baik. Ya, self-love aku adalah bagian dari perjuangan sebagai wanita untuk menjadi hebat seperti wanita favorit semisal Ibu Susi Pujiastuti dan Ibu Sri Mulyani. Bisa tetap berkarya dan menghasilkan walau dimulai dari hal kecil dan sederhana seperti mulai fokus ke diri sendiri saja dulu, menerima kekurangan dan kelebihan yang diberikan Allah, lampaui batasan yang ada dan nggak lupa selalu berdoa minta restu ke orangtua. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓